Dinas Kesehatan Palopo Rakor Bersama Kepala Puskesmas, Bahas BLUD dan Pekan Imunisasi Nasional

Dinas Kesehatan Palopo menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Puskesmas (Kapus) Se-Kota Palopo, Rabu 3 Juli 2024.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Kepala dinas (Kadis) Kesehatan Palopo, Irsan Anugrah SKM. M.M menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Puskesmas (Kapus) Se-Kota Palopo, Rabu 3 Juli 2024.

Rakor tersebut membahas penguatan layanan kesehatan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan persiapan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ke-2.

Kadis Kesehatan Palopo, Irsan Anugrah pada rakor tersebut meminta Kepala Puskesmas dalam penguatan layanan kesehatan BLUD bidang kesehatan untuk mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

“BLUD harus lebih mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan. Sehingga layanannya menjadi lebih cepat, tepat, dan murah,” kata Irsan Anugrah

“Konsep efisiensi juga penting diterapkan di BLUD, supaya dalam hal pendapatan bisa mandiri. Sehingga, dapat menggunakan pendapatan secara optimal dan tidak banyak subsidi dari APBD,” tambahnya.

Lanjutnya, terkait persiapan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional yang ke 2, Irsan Anugrah menjelaskan Polio merupakan penyakit atau virus yang menyebabkan kelumpuhan bagi orang yang mengidap dan dapat menular melalui air atau makanan yang telah kontak langsung oleh pengidapnya, namun penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi.

“Berdasarkan penilaian risiko yang telah dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization), Indonesia telah masuk ke dalam kategori wilayah yang memiliki risiko tinggi dalam penularan polio, terutama di 399 Kabupaten/Kota dan 32 Provinsi di Indonesia,” jelas Irsan Anugrah.

Mantan Plt Direktur RSUD Sawerigading ini mengajak kepala puskesmas dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat kota palopo melalui Pekan Imunisasi Nasional dalam mencegah terpaparnya penyakit tersebut.

“Ayo kita bersama-sama sukseskan Pekan Imunisasi Nasional ke 2 ini yang akan di laksanakan serentak mulai pada tanggal 23 Juli 2024,” ajak Irsan Anugrah.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here