Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXVII, Bupati Luwu : Mari Bersatu Wujudkan Kemandirian Fiskal

Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang, MPd Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXVII. Sabtu (29/4/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU – Sebanyak 300 lebih Kepala Daerah se Indonesia menghadiri upacara puncak acara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke – XXVII yang dipusatkan di Kota Makassar, tepatnya di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Kepala Daerah yang hadir antara lain para Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Bupati Luwu, Dr Drs H Basmin Mattayang, MPd.

Puncak peringatan Hari Otonomi Daerah Ke – XXVII dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian. Mendagri bertindak selaku Inspektur Upacara dan Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin sebagai pemimpin upacara.

Usai upacara, Bupati Luwu menyampaikan ucapan selamat Hari OTDA ke XXVII dan ucapan selamat kepada Walikota Makassar.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Luwu beserta jajaran, saya menyampaikan ucapan selamat Hari Otonomi Daerah Ke -XXVII, dan selamat kepada pemerintah Kota Makassar, selaku tuan rumah atas pelaksanaan puncak acara peringatan Hari OTDA yang berjalan sangat sukses dan meriah,” kata H Basmin Mattayang.

Memanfaatkan momen peringatan Hari OTDA Ke – XXVII ini, Bupati juga mengajak kepada seluruh komponen pemerintah Kabupaten Luwu untuk bersatu, kompak dan memperkuat kerjasama dalam menjalankan pemerintahan dengan semangat otonomi daerah menjadikan Kabupaten Luwu yang maju dan mandiri.

“Sesuai arahan bapak Mendagri tadi, bahwa seluruh komponen pemerintahan, baik pusat, provinsi maupun daerah agar bersatu padu mewujudkan kemandirian fiskal ditiap daerah yang bertujuan agar daerah tidak mudah goyah serta tidak terlalu berdampak terhadap goncangan jika terjadi permasalahan keuangan ditingkat pusat,” jelas H Basmin Mattayang.

Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke – XXVII dengan mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul’

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan foto bersama seluruh kepala daerah, kemudian penampilan parade bendera dan tari Pakkarena secara kolosal yang dibawakan oleh 200 orang penari diatas 200 kapal nelayan.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya pada peringatan Hari Otda XXVII ini yakni seminar nasional, kunjungan ke lorong wisata (longwis), dan pameran inovasi kinerja pemerintah daerah se Indonesia.

Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, para kepala daerah melakukan penandatanganan diatas batu prasasti sebagai simbol kehadiran dan partisipasinya dalam pelaksanaan puncak acara Hari Peringatan Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 di Kota Makassar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here