23 Desa di Lutra Gelar Pilkades Serentak 2022, Sekda Jelaskan Warga yang Berhak Masuk Panitia Pemilihan

Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara menggelar sosialisasi Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia Tingkat Kecamatan.

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara menggelar sosialisasi Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia Tingkat Kecamatan di Aula Bappelitbangda Luwu Utara, Kamis (23/06).

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi menyebut sosialisasi itu dalam rangka menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang rencananya akan digelar pada 28 September 2022.

“Sosialisasi ini digelar agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan baik dari sebelumnya dan yang terpenting lebih berbobot sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai,” ucap Armiadi.

Berdasarkan data yang dihimpun, pemilihan kepala desa secara serentak akan diikuti sebanyak 23 desa dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

“Pilkades tahun ini hanya diikuti 23 desa atau hanya seperlima dari perhelatan Pilkades tahun lalu yang diikuti sebanyak 103 desa, artinya peluang munculnya masalah juga kecil sehingga kita harap ini bisa berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Armiadi mengimbau kepada penyelenggara agar segera membentuk panitia pelaksana, terlebih akan ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terbentuk.

“Ini untuk mengantisipasi terjadinya perlambatan pemilihan makanya kita buat beberapa TPS termasuk untuk menghindari penumpukan warga, bahkan durasi warga melakukan pencoblosan juga dibatasi,” sambungnya.

Terkait Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa, ArmiadiĀ  menjelaskan tidak diperbolehkan menunjuk instansi terikat seperti guru, kepala sekolah bahkan aparat keamanan.

“Yang bisa jadi panitia itu seperti staf desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan LSM lainnya. Aparat keamanan seperti polisi tidak boleh masuk dalam kepanitiaan meski melakukan pengamanan,” tandasnya.

Armiadi pun berharap pemilihan kepala desa tahun iniĀ  bisa berjalan sukses dan kepala desa yang terpilih bisa membuat desanya lebih maju.

“Saya manaruh harapan kepada kita semua baik kepala desa maupun Badan Permusyawaratan Desa karena kitalah yg paling dekat dengan masyrakat, saya titip agar betul-betul kita jaga wilayah kita masing-masing dan ciptakan situasi kondusif,” tutur Armiadi mengakhiri sambutannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here