Adnan Purichta Ichsan Apresiasi Program Polda Sulsel untuk Masyarakat Gowa

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL hadiri Peresmian Bedah Rumah dan Mushola Al-Aqhsa Polsek Barombong oleh program Polda Sulsel dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78 Tahun di Lapangan Desa Bontolangkasa, Kecamatan Bontonompo, Rabu (26/6/2024).

LINISULSEL.COM, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mengapresiasi berbagai program Polda Sulsel yang menyasar Kabupaten Gowa yakni bakti kesehatan, bakti sosial disandingkan Peresmian Bedah Rumah dan Mushola Al-Aqhsa Polsek Barombong dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78 Tahun di Lapangan Desa Bontolangkasa, Kecamatan Bontonompo, Rabu (26/6/2024).

Dirinya mengatakan program atau bantuan yang diberikan oleh Polda Sulsel melalui Polres Gowa kepada masyarakatnya ini sangat membantu. Menurutnya hal tersebut suatu keberkahan bagi Kabupaten Gowa yang dari dulu selalu mendapatkan perhatian lebih dari Polda Sulsel.

“Alhamdulillah Kabupaten Gowa kembali mendapatkan sebuah keberkahan. Hari ini Polri semakin menunjukkan bahwa inilah institusi yang menjadi pengayom bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada, bukan hanya berbicara keamanannya tetapi juga memperhatikan masyarakat yang betul-betul membutuhkan uluran tangan sehingga mendapatkan bantuan khususnya dalam rangka HUT Bhayangkara yang Ke-78,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan, dirinya bersama jajaran Polres Gowa terus berkolaborasi dengan baik khususnya dalam menjaga keamanan di Kabupaten Gowa.

“Hubungan pemerintah dengan Polres Gowa sangat baik. Kami yakin dan percaya tidak ada keberhasilan tanpa hadirnya keamanan, karena keamanan yang baik pasti daerah akan terjaga dengan baik pula, sehingga Alhamdulillah Kabupaten Gowa juga terus melompat menjadi daerah yang berkembang, maju dan masyarakatnya makin sejahtera di masa yang akan datang salah satunya terbukti dengan angka BPS dimana Gowa berasa urutan kedua peningkatan ekonomi tertinggi di Sulsel,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, ke depan kolaborasi dan kerjasama yang terjalin hingga saat ini antara pemerintah dan kepolisian semakin meningkat sehingga semakin banyak program yang dihadirkan khususnya yang menyasar masyarakat Gowa yang membutuhkan.

“Atas nama pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat kami bangga dan berterima kasih kepada bapak Kapolda bersama dengan seluruh jajaran yang telah memberikan bantuannya. Semoga kerjasama antara pemerintah Kabupaten Gowa dan Polri baik Polda maupun Polres Gowa terus dapat dijaga bahkan ditingkatkan sehingga kami terus memberikan persembahan yang terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada,” tutupnya.

Sementara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut HUT Bhayangkara Ke-78 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

“Acara ini ini disandingkan dengan peresmian bedah rumah, dimana di Kabupaten Gowa itu sebanyak 5 unit. Kegiatan bedah rumah ini kita lakukan di tiap kabupaten/kota dengan syarat utamanya harus milik yang bersangkutan atau tidak boleh numpang di tanah orang lain dan rumah tidak layak huni,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan bakti sosial yakni mulai dari penyaluran 2.200 paket sembako, paket umrah, dan bakti kesehatan berupa pengobatan umum sunatan massal, stunting, donor darah, dan bantuan hidup dasar dimana secara serentak dilaksanakan di Sulsel sebanyak 6.145 sasaran.

“Ada berbagai jenis kegiatan yang kita lakukan pada bakti kesehatan ini seperti pelayanan kesehatan disabilitas 715 orang, dukungan alat bantu disabilitas kepada 114 orang, pengobatan umum 2.635 orang, sunatan massal 621 orang, donor darah 1.235, screening stunting 512 orang, operasi bibir sumbing 36 orang, sosialisasi bantuan hidup dasar 218 orang, dan terakhir adalah benda minor sebanyak 59 orang. Semua ini tersebar di seluruh Sulsel termasuk di Kabupaten Gowa,” urainya.

Salah satu penerima bantuan bedah rumah, Nasrullah masyarakat Kecamatan Barombong mengaku bersyukur atas terpilihnya sebagai penerima bantuan. Menurutnya setelah ini hal tersebut patut disyukuri Karena takut nanti roboh, sangat memprihatinkan bahkan lantainya ada beberapa baliho bekas, dinding bambu apalagi kalau hujan pasti air masuk semua

“Terima kasih kepada jajaran polda dan polres Gowa yang membangun rumah ini sehingga kelihatan layak huni dan terimakasih telah memilih wilayah dan keluarga kami untuk program bedah rumah ini,” ungkapnya penuh haru.

Pada pelaksanaan kegiatan ini turut dihadiri Staf Ahli Pemprov Sulsel, Perwakilan Forkopimda Sulsel, Forkopimda Gowa, beberapa SKPD Lingkup Pemkab Gowa, masyarakat pada enam kecamatan yakni Kecamatan Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bajeng, Bajeng Barat, Pallangga dan Barombong. (*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here