Ajak Masyarakat Cinta Budaya Luwu, Arfan Basmin: Sesuatu Yang Selalu Diingat

Pekan Budaya Sengerenna Luwu 2021

LINISULSEL.COM, LUWU – Pekan Budaya Sengerenna Luwu akan segera dihelat.

Setelah penantian panjang dengan kondisi yang bersangsur membaik, kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada 10-14 November 2021 di Baruga Arung Senga, Belopa Kabupaten Luwu.

Pekan Budaya Sengerenna Luwu 2021 baru digelar di tahun ini.

Akan menjadi awal peristiwa kebudayaan yang mampu mengingatkan kembali kekayaan budaya dan pengetahuan luhur masyarakat Tana Luwu.

“Sengerenna yang artinya sesuatu yang selalu diingat, agar kedepan masyarakat bisa memahami pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Luwu,” kata Kepala Desa Senga Selatan, Arfan Basmin saat di konfirmasi, Minggu (7/11/2021) malam.

Arfan Basmin berharap kegiatan ini menjadi sebuah bukti kecintaan kita dalam melestarikan budaya TANA luwu.

“Semua merasa memiliki dan semua merasa bertanggung jawab dalam menjaga budaya ditana Luwu. Tanpa hanya menjadi kegiatan yang sifatnya seremonial saja,” imbuhnya.

Berbagai jenis kegiatan yang akan disajikan pada kegiatan ini, antara lain, Pameran Pusaka, Ritual Adat, Seminar Budaya, Lomba Seni Pelajar, Lomba Permainan Tradisional juga Pertunjukan Seni.

Kegiatan juga akan menerapkan protokol Covid-19, demi menekan peluang penyebaran virus.

“Mari ki kembali, membumikan yang terasing di tanah asalnya, salam sehat, salam budaya, na ta pada salama,” tandas Putra Bupati Luwu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here