Alumni Unhas, Alim Bahri Azhari Juara 1 Penghargaan Mahasiswa Internasional Kategori Best Entrepreneurship Idea

Alim Bahri Azhari Juara 1 Penghargaan Mahasiswa Internasional Kategori Best Entrepreneurship Idea

LINISULSEL.COM ANKARA – Bertempat di Perpustakaan Nasional, Kompleks Kepresidenan Republik Turki, Program Penutupan Akademi Mahasiswa Internasional dan Penghargaan Mahasiswa Internasional 2023 telah diselenggarakan pada Jumat, 24 Mei 2024.

Program yang diadakan oleh Presidensi untuk Orang Turki di Luar Negeri dan Komunitas Terkait tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Serdar Çam, Ketua Dewan Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Erol Özvar, Kepala Presidensi Orang Turki di Luar Negeri dan Komunitas Terkait, Abdullah Eren, Rektor, Duta Besar, mahasiswa asing yang belajar di Turki dan banyak tamu undangan lainnya.

Dalam program Penghargaan Mahasiswa Internasional, penghargaan diberikan kepada mahasiswa yang berhasil dalam berbagai karya pada kategori Sastra, Budaya dan Seni, Proyek, Media dan Komunikasi.

Terdapat 763 karya yang berpartisipasi dalam program ini, dimana 36 karya terpilih untuk masuk pemeringkatan diundang ke Ankara untuk mengikuti upacara penghargaan (Awarding Ceremony).

Satu dari 36 mahasiswa yang masuk pemeringkatan merupakan mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil pasca sarjana di Turki yang juga merupakan alumni Unhas, Alim Bahri Azhari atau kerap di sapa Alim berhasil meraih Juara 1 Kategori Best Entrepreneurship IdeaBest Entrepreneurship Idea.

Alim Bahri Azhari Juara 1 Penghargaan Mahasiswa Internasional Kategori Best Entrepreneurship Idea by

Alim berhasil memuncaki kategori ini berdasarkan penilaian karya yang disertakan.

Karya yang disertakan berupa gagasan pengembangan sektor pariwisata Turki melalui ekspor budaya dalam mendukung Visi Seratus Tahun Turki.

Alim berupaya meningkatkan nilai ekonomi produk oleh-oleh Turki dengan memadukan unsur tradisional dengan sentuhan teknologi modern.

“Ini adalah tahun kedua Alim berpartisipasi dalam program ini, setelah pada tahun sebelumnya di kategori yang sama, Alim berhasil meraih peringkat ketiga,” katanya dalam keterangan kepada media.

Mahasiswa jurusan Bisnis Administrasi ini memang telah aktif merancang ide model bisnis sejak masih mengenyam pendidikan sarjana di Departemen Manajemen Unhas.

Berkat partisipasi dan kontribusi aktifnya dalam disiplin ilmunya, Alim terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi FEB Unhas 2019 bahkan lulus sebagai Wisudawan Terbaik FEB Unhas 2020.

Atas pencapaiannya pada program penghargaan ini, Alim melihatnya sebagai sebuah potensi baru untuk menjembatani hubungan Indonesia-Turki dalam peningkatan pendapatan di sektor pariwisata kedua negara.

“Dari ide ini, Orang Indonesia yang ke Turki akan membeli produk ini dan memberi manfaat ekonomi ke Turki, jika semakin banyak turis asing yang membeli produk ini maka potensi mendatangkan bahan baku dari Indonesia yang lebih menguntungkan dari sisi operasional sangat terbuka lebar,” tuturnya.

Dalam sesi wawancara bersama beberapa media Turki di akhir acara, Alim mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Presidensi dan Dewan Juri yang telah merespon positif pemikirannya.

Alim juga menyampaikan terima kasihnya secara langsung kepada Duta Besar RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama, yang menyempatkan hadir memberikan dukungan langsung dan apresiasi atas keberhasilannya. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here