Bawaslu Lutim Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Ini Pesan Bupati

Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, di Lapangan Merdeka Malili, Sabtu (10/2/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, di Lapangan Merdeka Malili, Sabtu (10/2/2024).

Apel Siaga tersebut merupakan langkah persiapan jajaran Bawaslu bersama unsur terkait dalam mengawasi Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari nanti.

Dalam arahannya, Bupati Luwu Timur menyampaikan bahwa, Pengawasan Pemilu merupakan tugas utama dari Badan Pengawas Pemilu beserta jajaran Panwascam sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu yang melakukan kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pengawasan Pemilu tidak hanya tugas dari penyelenggara Pemilu saja, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen Masyarakat agar ikut mengawal proses demokrasi Pemilu Tahun 2024 yang lancar, jujur, adil dan berkualitas,” imbuhnya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kata Budiman, semakin tinggi tingkat kerawanan kecurangan Pemilu yang perlu diawasi dan waspadai bersama. Diantaranya adalah Black Campaign melalui media sosial yang menyebarkan informasi bohong, hoaks, dan isu SARA.

“Selain itu, juga adanya indikasi politik uang, netralitas ASN serta potensi pelanggaran lainnya agar perlu mendapatkan perhatian dan penindakan karena dapat merusak proses demokrasi dan mencederai prinsip keadilan,” ujarnya.

“Deklarasi Pemilu Damai yang telah dilaksanakan bersama para Peserta Pemilu adalah sebagai komitmen kita untuk senantiasa melaksanakan Pemilu yang aman, damai, sejuk, serta menolak upaya-upaya yang menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat merusak keharmonisan dan kerukunan masyarakat Kab. Luwu Timur selama pelaksanaan Pemilu Tahun 2024,” terang Bupati Luwu Timur.

Sementara Ketua Bawaslu Luwu Timur, Pawwenari yang juga bertindak sebagai pemimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 Kab. Luwu Timur menyatakan bahwa, seluruh jajaran Bawaslu hingga di tingkat TPS telah siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

Pawennari juga mengajak kepada seluruh pengawas untuk tetap menjaga integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengawasan yang diamanatkan sesuai undang-undang.

Olehnya itu, Pawennari mengingatkan kembali agar seluruh pengawas untuk tidak melakukan hal-hal yang merusak nama baik Bawaslu dan mencoreng integritas pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang diawali dengan Defile Barisan Panwascam dari 11 Kecamatan se-Kab. Luwu Timur, kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Bupati Luwu Timur, Kajari Luwu Timur dan Kapolres Luwu Timur kemudian ditutup dengan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 yang diikuti oleh jajaran Forkopimda, KPU dan Bawaslu Kabupaten Luwu Timur.

Turut hadir, Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain, Kajari Luwu Timur, Yadyn, Pabung TNI, Bachtiar, Perwakilan KPU, Komisioner Bawaslu Luwu Timur, dan seluruh petugas pengawas pemilu yang terdiri dari Panwasacam, PPKD, hingga pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) se-Kab. Luwu Timur. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here