BEM Fakultas Kesehatan IKB-KJP Sukses Gelar Seminar Peringati Hari HIV/AIDS Se-Dunia

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada menggelar seminar dalam Rangka memperingati Hari HIV/AIDS se-dunia, Kamis (1/12/2022).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada menggelar seminar dalam Rangka memperingati Hari HIV/AIDS se-dunia, Kamis (1/12/2022).

Seminar tersebut mengangkat tema Akhiri AIDS, Cegah HIV Rangkul ODAH.

Ketua panitia Nurannisa, menjelaskan kegiatan ini merupakan pertamakali diselenggarakan oleh BEM F- KESEHATAN sejak di lantik secara resmi pada tanggal 23 november 2022 lalu. Dirinya berharap kegiatan ini menjadi moment terwujudnya kesadaran, kepedulian dan keterlibatan serta pengetahuan mengenai HIV/AIDS sesuai dengan Tujuan di adakanya seminar tersebut.

“Harapan saya seminar ini dapat meningkatkan peran serta, kesadaran, kepedulian dan keterlibatan  baik pemerintah , instansi terkait, swasta dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS serta mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap penderita  HIV/AIDS,” jelasnya.

Rektor IKB-KJP ibu Dr, Rusdiana Junaid,M.Hum.,M.A mengapresiasikan kegiatan perdana yang di lakukan oleh BEM F– Kesehatan ini.

Ia menjelaskan, HIV/AIDS itu sebuah hal yang berbeda jika HIV atau human immunodeficiency virus merupakan virusnya sedangkan AIDS ialah nama penyakitnya atau kumpulan gejalanya.

“Adapun harapan untuk kegiatan perdana ini bisa membangkitkan semagat bagi BEM – F KESEHATAN untuk membuat kegiatan yang bermanfaat dan menginspirasi  kedepanyan,”tuturnya.

Seminar kali ini menghadirkan narasumber Ns. SUGIYANTO, SH,.S.Kep.,M.Kep. Ia menyampaikan beberapa point tentang HIV/AIDS diantarannya bagaimana tahapan HIV menjadi AIDS, Bagaimana mengenali gejala dan ciri-ciri nya, bagaiman cara pencegahannya dan bagaimana cara mengurangi stigma negatif masyarakat terhadap ODHA.

“jauhi penyakitnya bukan orangnya,”tegasnya.

Sebagai informasi kegiatan seminar Akhiri AIDS, Cegah HIV, Rangkul ODAH yang di hadiri oleh 156 peserta dari beberapa Program Studi lingkup Institut Kesehatan dan Bisnis kurnia jaya Persada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here