Buka Coaching Clinic Implementasi SIPD, Sekda Lutra: Upaya Tingkatkan Performa ASN

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara (Sekda Lutra) Ir. Armiadi membuka kegiatan Coaching Clinic Implementasi SIPD dalam pengelolaan keuangan daerah pemerintah Kabupaten Luwu Utara di Aula Lagaligo kantor Bupati Lutra, Jumat (15/12/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara (Sekda Lutra) Ir. Armiadi membuka kegiatan Coaching Clinic Implementasi SIPD dalam pengelolaan keuangan daerah pemerintah Kabupaten Luwu Utara di Aula Lagaligo kantor Bupati Lutra, Jumat (15/12/2023).

Kepala BPKPD Lutra, Baharuddin Nurdin dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah didorong secara terus menerus untuk menggunakan aplikasi berbasis elektronik.

“Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk meningkatkan proposionalisme ASN, dan kita berharap tujuan ini bisa terwujud,” kata Ir. Baharuddin.

Kepala BPKPD Maros selaku Narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan Tahun 2024 kita sudah diwajibkan untuk Full memakai SIPD RI, jadi mau tidak mau suka tidak suka implementasi SIPD ini harus kita gunakan.

“Saya berharap jangan berhenti sampai disitu saya harapkan Luwu Utara juga membentuk tim untuk kita selalu melakukan komunikasi,” jelasnya.

Sementara itu Sekda Lutra dalam sambutannya menyampaikan pemerintah daerah sebagai pengelola keuangan dan entitas pelaporan keuangan juga berkewajiban menyelenggarakan sistem pengelolaan keuangan daerah.

“Kewajiban tersebut menimbulkan kebutuhan untuk menyesuaikan sistem informasi manajemen keuangan daerah, penyesuaian ini berdampak pada perubahan atau penyesuaian sistem pengelolaan keuangan daerah sehingga perlu mempersiapkan sumber daya aparatur yang memadai, yang memahami betul bagaimana sistem informasi serta diimplementasikan dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

Lanjut Sekda Lutra, SIPD juga merupakan sistem yang tidak terpisahkan dari sistem pengelolaan keuangan negara yang dibangun pemerintah dan kedepannya semua sistem pelaporan keuangan daerah ke pemerintah akan dilakukan secara SIPD

“Semua pejabat atau staf yang terlibat dalam penerapan apllikasi SIPD ini memiliki kompetensi yang baik khususnya para pejabat atau staf perencana penatausahaan dan pelaporan keuangan SKPD,” harap Sekda Lutra.

Sekda Lutra menambahkan, semoga seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini agar dapat menerima mempelajari dan memahami dengan baik seluruh materi yang diberikan sehingga dalam pelaksanaan program serta implementasi pengelola keuangan daerah melalui aplikasi SIPD dapat berjalan sesuai dengan harapan dan tidak ditemukan kendala yang berarti yang dapat mempengaruhi tata kelola keuangan daerah

“Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perform ASN selaku pelayan dan lokomotif penggerak masyarakat serta harus mengikuti dinamika dan perkembangan teknologi khususnya kemajuan IT,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 4 =