Buka FGD, Bupati Lutim Sampaikan Terima Kasih ke Forum Kerukunan Umat Beragama

Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Luwu Timur

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Luwu Timur dengan tema “Merawat Kerukunan Umat Beragama dalam Keberagaman Hidup di Luwu Timur, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lutim, Rabu (14/12/2022).

Mengawali sambutannya, Bupati Budiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh organisasi keagamaan yang telah membantu pemerintah dalam menjaga harmonisasi dan keberagamanan yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

“FKUB memang bekerja dalam suasana keheningan, tetapi nyata hasilnya. Tidak mungkinlah kita ini damai-damai dan aman-aman kalau tidak ada kerja mereka. Karena mereka punya kesempatan yang banyak untuk berbicara di hadapan umat,” tutur Bupati.

“Mudah-mudahan melalui pertemuan ini, mendorong kita untuk dapat meningkatkan peran dan fungsi FKUB dalam memelihara kerukunan hidup seluruh umat beragama serta dapat bangkit mengejar berbagai ketertinggalan untuk meraih kemajuan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Budiman menilai, tantangan kehidupan beragama, kian hari kian berat. Kehadiran media sosial dalam mewarnai kehidupan beragama dewasa ini, tidak bisa diabaikan. Tidak jarang, media sosial membawa toksik, membawa racun, seperti hoaks dan ujaran-ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan.

“Untuk itu, dibutuhkan figur tokoh-tokoh agama yang mempersatukan, tokoh-tokoh agama yang merangkul, tokoh-tokoh agama yang piawai melunakkan perbedaan pilihan dan paham menjadi kekuatan sehingga umat tidak terjebak pada pandangan-pandangan yang ekstrim dan melegalkan kekerasan,” pesan Budiman.

“Saya berharap, forum ini bisa menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal dan menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Luwu Timur,” tandas Bupati Luwu Timur.

Turut hadir Kaban Kesbangpol, Guntur Hafid, Perwira Penghubung, Mayor Bachtiar, Wakapolres Lutim, Kompol Syamsul, Kakan Kemenag Lutim, H. Misbahuddin, Ketua FKUB Lutim, H. Ardias Barah, para pimpinan Organisasi Masyarakat, Pengurus TP PKK Lutim, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, dan pengurus inti organisasi sosial masyarakat keagamaan Lutim. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here