Buka Gerakan Aksi Bergizi, Ini Pesam Bupati Lutim Untuk Ratusan Siswa

Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka secara resmi Gerakan Aksi Bergizi yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Jumat (22/9/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Aini Endis Anrika, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Adnan, dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H. Basruddin membuka secara resmi Gerakan Aksi Bergizi yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Jumat (22/9/2023).

Acara yang diikuti lebih dari 200 orang Siswi SMPN 1 dan 2 Malili ini dirangkaikan berbagai kegiatan seperti : Senam Bersama, Sarapan makan Bergizi, Penyuluhan Tablet Tambah Darah (TTD) Rematri, Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Pada Anak, Minum TTD Serentak dan Pengukuran Antropometri.

Dalam sambutannya, H. Budiman mengungkapkan, tujuan dari diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri akan pentingnya asupan zat besi di usia remaja selain pencegahan anemia tetapi demi peningkatan pola hidup sehat dan pencegahan terjadinya stunting sejak dini.

“Aksi bergizi merupakan rangkaian program gizi remaja di sekolah yang bertujuan untuk memperbaiki status gizi dan kesehatan khususnya remaja putri melalui peningkatan pola hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi Tablet Tambah Darah,” ungkap H. Budiman.

“Saya yakini, gerakan aksi bergizi ini menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Luwu Timur,” ucap H. Budiman.

Lebih lanjut Bupati Budiman mengharapkan kepada para Pimpinan Sekolah, Guru, Orang Tua, Murid dan seluruh warga disekitar sekolah untuk rutin melaksanakan kegiatan positif ini.

“Banyak kebiasaan terkait gizi seseorang yang dimulai pada saat remaja dan akan dibawa sampai mereka dewasa sehingga dapat berkontribusi terjadinya stunting pada generasi selanjutnya. Sehingga saya berharap kepada seluruh pihak yang terkait dapat bergandeng tangan dan bersama-sama mampu menumbuhkan kesadaran sejak dini akan pentingnya mempraktikkan perilaku hidup sehat dan minum tablet tambah darah secara rutin dan terjadwal,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber Ketua DPC PERSAGI Luwu Timur, Maike, SKM., Kepala UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Luwu Timur, Firawati, S.Sos, Kepala Puskesmas se Kabupaten Luwu Timur, Kepala Sekolah dan Guru SMPN 1 Malili, Kepala Sekolah dan Guru SMPN 2 Malili, dan Staf Dinkes Kabupaten Luwu Timur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here