Bulan K3 Nasional, PT Masmindo Dwi Area Gelar Kuliah Umum di SMKN 2 Luwu Selama Sebulan

PT Masmindo Dwi Area Gelar Kuliah Umum K3 di SMKN 2 Luwu

LINISULSEL.COM, LUWU – PT Masmindo Dwi Area (MDA) menggelar Kuliah Umum Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di SMKN 2 Luwu, Belopa, Senin (31/1/2022).

Kegiatan yang telah berlangsung selama satu bulan ini dilakukan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional mulai dari 12 Januari hingga 12 Februari 2022.

Kuliah umum ditujukan bagi para siswa Kelas 11 yang berasal dari 6 jurusan di SMK unggulan ini yaitu: Teknik Kendaraan Ringan, Teknik

Pemesinan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik & Bisnis Sepeda Motor, Otomasi Perkantoran, dan Teknik Komputer Jaringan.

Tak kurang dari 280 siswa mengikuti program kuliah umum tersebut.

Program diadakan rutin setiap Hari Selasa. Terdapat dua sesi per harinya selama pelaksanaan Bulan K3 Nasional ini.

“Kuliah Umum K3 ini dibawakan oleh Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja MDA. Kami ingin berbagi ilmu tentang sejarah K3 di Indonesia, tentang tujuan dan budaya K3, dan tentang bagaimana mengidentifikasi bahaya dan cara mengelola risiko, baik di dunia industri maupun di kehidupan sehari-hari,” ujar Kepala Teknik Tambang & Site Manager MDA, Mustafa Ibrahim.

Selain diberikannya paparan tentang K3, dalam setiap sesi juga diadakan dialog dan tanya jawab, kerja kelompok, serta quiz untuk lebih merangsang dan mengukur daya tangkap para siswa atas materi-materi yang diberikan.

Dengan diberikannya Kuliah Umum K3 ini diharapkan para siswa akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup ketika mereka memasuki dunia kerja.

“Kuliah umum ini merupakan kontribusi MDA dalam menjembatani jurang antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Kami sangat menghargai komitmen MDA untuk mendukung pendidikan di Kabupaten Luwu,” ucap Drs. Ahmad, Kepala Sekolah SMKN 2 Luwu.

Kuliah Umum K3 di SMKN 2 Luwu ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) MDA di Bidang Pendidikan yang dilakukan secara berkala.

Juli lalu, MDA mendirikan Banua Manarang sebagai perpustakaan anak dengan koleksi 250 buku, 30 permainan edukatif, 10 alat musik, dan berbagai perlengkapan menggambar.

Pemantauan rutin oleh perusahaan dan aktivitas lanjutan juga dilakukan untuk memastikan aktivitas di Banua Manarang dilakukan secara optimal.

Tak hanya itu, MDA melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Luwu untuk donasi 1.000 judul buku ke Banua Manarang, mendukung pelatihan kapasitas kader anak pintar, dan melakukan studi banding ke perpustakaan di Desa Paconne September 2021 lalu.

Sejak April lalu, MDA membantu Sekolah Budaya Luwu (SBL) I La Galigo dengan menyediakan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar hingga dapat mengantarkan kelulusan lebih dari 50 murid untuk setiap angkatan.

MDA terus berkomitmen untuk memupuk generasi- generasi masa depan di sekitar wilayah operasinya demi Indonesia yang lebih baik. (*)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here