Bulog Cabang Palopo Salurkan Cadangan Beras Pemerintah, Lutra Dapat Jatah 130 Ton

Bulog Cabang Palopo mulai menyalurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2024 yang ditandai dengan penyerahan dan pelepasan secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Rabu (31/1/2024)

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bulog Cabang Palopo mulai menyalurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2024.

Tahun 2024 ini, Kabupaten Luwu Utara mendapatkan jatah 130 ton beras bantuan pemerintah yang akan disalurkan mulai Januari hingga enam bulan kedepan.

Penyaluran itu ditandai dengan penyerahan dan pelepasan secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Rabu (31/1/2024)

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menjelaskan, cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2024 ini, juga dalam rangka upaya pengendalian inflasi, karena akibat perubahan iklim dampak elnino diperkirakan musim tanam dan musim panen bergeser.

“Tentu pemerintah punya pertimbangan tersendiri adanya bantuan ini ke daerah termasuk Luwu Utara, selain itu juga ada faktor iklim karena gejala elnino menyebabkan musim tanam dan panen bergeser sehingga berdampak pada pasokan pangan terutama beras,” kata Indah Putri.

Saat ini, lanjut Indah Putri, perkembangan pangan global yang menunjukkan kenaikan harga, karena suplai berkurang disisi lain kebutuhan terus meningkat.

“Ini bisa kita lihat sejak 2023 pemerintah gencar melakukan pengendalian inflasi, karena beberapa negara mulai collabs karena inflasi sangat tinggi. Kebijakan bantuan cadangan pangan ini adalah kegiatan afirmatif mengendalikan harga untuk menahan laju inflasi,” jelas Indah Putri.

Kepala Pimpinan Bulog Cabang Palopo, Muhammad Junaidi menjelaskan penyaluran perdana di Luwu Utara rencananya akan berlangsung enam bulan kedepan dengan alokasi perbulan 318 ton.

“Kami mengapresiasi kepada ibu Indah Putri Indriani dan Bappeda atas percepatan validasi data calon penerima bantuan ini. Kecamatan Masamba pertama yang akan kami saluran kuota nya 18 ton dan kami targetkan selesaikan 10 hari kedepan,” tandas Junaidi. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here