Bunda PAUD Lutim Kunjungi TK Kristen Hosana Terpadu, Ini Tujuannya

Bunda PAUD Lutim Hj Sufriaty mengunjungi TK Kristen Hosana Terpadu, Desa Panca Karsa dan Desa Sindu Agung, Kecamatan Mangkutana, Kamis (08/12/2022).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur sekaligus sebagai Bunda PAUD, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Lutim sekaligus Ketua Bidang IV TP PKK Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli bersama Tim Penilai menyambangi TK Kristen Hosana Terpadu, Desa Panca Karsa dan Desa Sindu Agung, Kecamatan Mangkutana, Kamis (08/12/2022).

Kunjungannya kali ini dalam rangka penilaian lomba PAUD Holistik Terintegrasi (HI) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Lutim, Hj. Sufriaty mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini perlu dipahami bersama bahwa bukan siapa yang akan juara, tetapi untuk memastikan sarana dan prasarana PAUD yang ada di Desa Panca Karsa ini bisa memenuhi persyaratan.

“Itu yang menjadi pertimbangan utama kami dalam melakukan penilaian ini. Dan jangan sampai ada anak-anak kita di Desa Panca Karsa yang seharusnya mendapatkan pendidikan utamanya anak usia dini, tetapi tidak dilengkapi oleh sarana dan prasarana. Sehingga, mereka tidak sempat untuk bisa bersama dengan anak-anak lain mendapatkan pendidikan sesuai dengan usianya,” kata Sufriaty.

Lebih lanjut, ia ingin melihat sejauh mana tenaga pendidik yang ada didalam TK Kristen Hosana Terpadu, karena yang menjadi landasan utama didalam mendidik anak pada saat usia dini.

“Pada saat usia seperti ini, anak-anak masih kosong. Sehingga pada saat dia masuk sekolah, disitulah anak-anak berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan selain yang diperoleh dari kedua orang tuanya sendiri,” ucap Sufriaty.

Menurut Bunda PAUD, terdapat lima layanan yang sangat penting untuk dilaksanakan didalam pembelajaran PAUD, yakni layanan pendidikan, layanan pengasuhan, layanan keamanan, layanan kesehatan, dan layanan gizi atau pola asuh anak.

“Kami berharap kepada ibu guru dan tenaga pendidik ini harus senantiasa menambah kompetensi, sehingga ilmu yang didapatkan ini bisa benar-benar tersalurkan kepada anak-anak kita,” harap Sufriaty.

“Kami juga berharap kedepan, anak-anak kita ini bisa lebih baik dari pada kita yang ada sekarang ini. Tapi ada hal yang perlu kita ingat, bagaimana kita mengasuh, mendidik dan menjaga asupan gizi anak-anak, sehingga apa yang menjadi harapan kita, Insha Allah bisa terpenuhi,” jelasnya.

Sementara penilaian UP2K UKM Halwa, Desa Sindu Agung Kecamatan Mangkutana juga tidak terlepas dari penilaian dari Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman bersama Tim Penilai.

Ia mengatakan, sebagai aparat pemerintah dan mitra pemerintah senantiasa bagaimana membuat program, sehingga masyarakat khususnya yang ada di Desa Sindu Agung dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan potensi alam maupun keterampilan yang dimiliki.

“Itulah yang menjadi tujuan utama kami melakukan lomba UP2K. Bukan siapa yang juara, terbaik, tetapi kami mencoba memacu, merangsang keterampilan para ibu-ibu, pelaku usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya bukan hanya bergantung kepada bapaknya,” tuturnya.

“Mari memanfaatkan potensi alam, diri dan memaafkan waktu. Jangan terbuang begitu saja, tetapi dengan melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan,” tutup Sufriaty.

Hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli TP PKK Kabupaten Lutim, Haeril Al-Fajri, Ketua TP PKK Kecamatan Mangkutana, Kepala Desa Panca Karsa, Kepala Desa Sindu Agung beserta Ketua TP PKK Desa Sindu Agung, TP PKK Kabupaten Lutim, Dharma Wanita Persatuan Lutim.

TP PKK Kecamatan Mangkutana dan Desa, Kepala Puskesmas Mangkutana, Kepala Sekolah TK Kristen Hosana Terpadu beserta guru, Tokoh agama, Kader Posyandu dan Tokoh masyarakat. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 4