Bupati Buka Genre Fest Tingkat Lutim 2022, Ada Lomba Pentas Kreasi Seni

Bupati Lutim H Budiman membuka Genre Fest Tingkat Lutim 2022.

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Kegiatan Genre (Generasi Berencana) Fest tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022 dengan tema “Bergerak Bersama Menginspirasi Untuk Semua”, di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Senin (21/11/2022).

Acara yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kab. Luwu Timur bekerjasama Forum Genre Sulawesi Selatan dan Forum Genre Luwu Timur ini sebagai ajang Pemilihan Duta Genre, Lomba Pentas Kreasi Seni Genre, dan Lomba Poster Genre.

Adapun peserta kegiatan Genre Festival antara lain Pemilihan Duta Genre diikuti oleh 10 orang putra dan 10 orang putri, Lomba Pentas Seni diikuti oleh 11 kelompok PIK Remaja tingkat SMP dan 11 kelompok PIK Remaja tingkat SMA, dan Lomba Poster Genre diikuti oleh 28 kelompok PIK Remaja.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengungkapkan bahwa sebuah kebahagian hari ini bisa bertemu generasi muda kita yang dimana jika di Luwu Timur ini kekuatannya besar sekali. Menurutnya, hampir 80 ribu remaja yang ada di Lutim, itu artinya dari 300 ribu lebih penduduk hampir sepertiganya adalah remaja.

“Kita berharap ini menjadi kekuatan, menjadi modal besar didalam rangka membangun Kabupaten Luwu Timur yang kita cintai ini. Ruang-ruang ekspresi ini penting, kalau ekspresi bagus, lingkungannya bagus, Insha Allah generasi kita akan jauh lebih baik lagi kedepan,” ungkap Bupati.

Budiman juga berharap kepada ibu Kadis P2KB Lutim dan Forum Genre agar tahun depan kegiatan seperti ini diselenggarakan dengan lebih besar lagi, agar bisa menjadi event yang luar biasa.

“Jadi kita besarkan kegiatannya tapi jangan diakhir tahun diselenggarakan. Dan kalau bisa kita lakukan Festival Genre ini di Peringatan HUT Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 mendatang. Kita susun baik-baik acaranya, kemudian kita bikin Genre Festival yang lebih besar dengan menghadrikan seluruh sekolah, dan kalau perlu kita datangkan tamu,” tegas Bupati Budiman.

Plt. Ketua Forum Genre Lutim, Zulkifli Halim dalam laporannya mengatakan, tujuan khusus dilaksanakannya kegiatan ini sebagai Ajang kreatifitas dan kompetisi remaja, sebagai Sosialisasi Program Genre dan sebagai Kampanye Pencegahan Stunting.

“Sementara tujuan khususnya ialah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dalam pengelolaan dan pelayanan PIK Remaja serta program Genre,” katanya.

“Meningkatkan Kreatifitas remaja dalam pengembangan kegiatan program genre yang ramah remaja dalam sosialisasi dan promosi program Genre di lingkungan Pendidikan dan masyarakat, dan Pengembangan program kolaborasi untuk pemberdayaan kompetensi dan life skill remaja,” jelas Zulkifli Halim.

Turut hadir Ketua Komisi I DPRD Lutim, Hj. Harisah Suharjo, Kepala DP2KB Lutim, Hj. Puspawati Husler, Sekretaris DP2KB Lutim, I Dewa Putu Alit Swastika beserta jajarannya, perwakilan OPD, para Guru dan peserta Genre Fest Tahun 2022. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here