Bupati Lutim Paparkan 3 Langkah Pemkab Untuk Sejahterakan Pembudidaya Ikan

Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan Bantuan Sarana Prasarana Perikanan yang dirangkaikan dengan Pembukaan Sosialisasi Budidaya Polikultur Rumput Laut Gracillaria, Ikan Bandeng & Ikan Kakap Putih Dinas Perikanan Tahun 2023 di Lapangan Merdeka Malili, Senin (6/11/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan Bantuan Sarana Prasarana Perikanan yang dirangkaikan dengan Pembukaan Sosialisasi Budidaya Polikultur Rumput Laut Gracillaria, Ikan Bandeng & Ikan Kakap Putih Dinas Perikanan Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Malili, Senin (6/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa, acara sosialisasi bagi para pembudidaya ikan dan rumput laut sangat penting karena sosialisasi seperti ini diharapkan akan mendukung berkembangnya ekonomi di daerah, meningkatkan nilai tambah, serta menguatkan struktur ekonomi yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi demi terwujudnya visi Luwu Timur yang Berkelanjutan dan Lebih Maju Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya.

Lanjut Budiman membeberkan, upaya peningkatan kesejahteraan petani pembudidaya ikan akan terus dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain :

Pertama : Pemberian bantuan sarana produksi kepada kelompok tani pembudidaya ikan seperti sarana budidaya polikultur, bibit ikan, sarana budidaya rumput laut seperti mesin, tali dan bibit rumput laut, agenda tersebut sudah terealisasi 171% (171 kelompok dari target 100 kelompok).

Kedua : Pembangunan jembatan tambak, sudah terealisasi 53,33% (8 unit dari target 15 unit). Ketiga : Pembangunan dan Peningkatan Jalan Produksi Tambak, sudah terealisasi 62,5% (25 km dari target 40 km).

“Disamping itu, untuk meningkatkan pengetahuan para petani tambak juga perlu dilakukan kegiatan sosialisasi, pendampingan, pelatihan dan Demonstration Plot (Demplot) berupa percobaan lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang di demontrasikan, baik yang dilakukan oleh Dinas Perikanan maupun dari penyuluh Perikanan,” tuturnya.

Terakhir, Bupati menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan agar produksi usaha perikanan yang dikelola masyarakat dapat lebih inovatif dan berkelanjutan.

Selain itu, sosialisasi budidaya polikultur ikan dan rumput laut sebagai sumber ilmu pengetahuan petani pembudidaya dalam mencegah terjadinya gagal siklus perikanan.

“Kepada bapak ibu penerima bantuan perikanan agar dipergunakan sebaik-baiknya bantuan yang telah diberikan sebagai bagian dari sumber peningkatan ekonomi masyarakat dan ekonomi keluarga. Insha Allah, ke depannya kita akan terus mengupayakan agar bantuan perikanan ini lebih baik lagi, tepat sasaran dan berdaya guna tinggi,” jelas Budiman.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Luwu Timur, Alimuddin Nasir melaporkan bahwa, penyerahan bantuan perikanan budidaya tahun 2023 tersebut diberikan kepada Anggota Kelompok Nelayan penerima Sarana Alat Tangkap dan alat bantu penangkapan ikan sebanyak 247 orang (24 kelompok), Anggota Kelompok Pembudidaya Ikan sebagai penerima sarana prasarana budidaya sebanyak 270 (27 kelompok), dan Anggota kelompok pengolah hasil perikanan sebagai penerima sarana pengolahan sebanyak 10 orang (1 kelompok).

“Adapun narasumber Sosialisasi Budidaya Polikultur merupakan praktisi akademisi bidang perikanan yaitu DR. Ir. Rustam, MP. dari Unhas Makassar dan DR. Jurniati, SPI, MP. dari Universitas Andi Djemma Palopo.

Sedangkan peserta Sosialisasi sebanyak 90 orang yang merupakan kelompok nelayan binaan Dinas Perikanan Luwu Timur,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, Wakil Ketua DPRD, H. Usman Sadik, Wakapolres Luwu Timur, Kompol. Samsul P, Perwakilan Kajari Luwu Timur, Tokoh masyarakat dan para undangan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here