Danny Pomanto : F8 Makassar Digelar 24-28 Juli 2024, Panggung Utama di Kawasan MNEK

Suasana Makassar International Eight Festival and Forum (F8) Makassar 2023 di Anjungan Pantai Losari Jalan Penghibur

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Danny Pomanto menggelar Rapat Koordinasi Lingkup Pemkot Makassar untuk mematangkan persiapan Makassar International Eight Festival and Forum (F8).

Pada Rakor tersebut, Danny Pomanto memberikan instruksi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempersiapkan hajatan tahunan Kota Makassar tersebut yang berlangsung di Lt 2 Ruang Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar Jl Ahmad Yani, Rabu (19/6/2024).

Danny Pomanto mengatakan F8 akan berlangsung pada 24-28 Juli 2024 di Anjungan Pantai Losari, Jl Penghibur, Kecamatan Ujung Pandang.

Lanjut, Danny Pomanto menjelaskan, konsep F8 tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, panggung utama F8 tidak lagi berpusat di City of Makassar, tetapi ditempatkan di sekitar kawasan tugu Makassar Naval Exercise Komodo (MNEK).

“Kawasan MNEK akan dibuka menjadi panggung utama,” jelas Danny Pomanto.

Nantinya, tamu VIP akan kembali dibawa mengarungi laut Pantai Losari menggunakan kapal pinisi.

Hanya saja, kondisi air diperkirakan akan surut pada waktu itu, sehingga ia menginstruksi untuk membuat akses tambahan menuju kapal pinisi.

“Skenario makan malam, dalam prediksi pasang terendah khawatir kapalnya tidak bisa masuk. Kita bikin skenario dipastikan pengerukan. Pinjam tongkang yang nganggur,” jelasnya.

Danny Pomanto meminta dilakukan penggalian untuk jalur Phinisi. Kalau perlu, buatkan juga dermaga.

“Yang kerap menjadi permasalahan ialah soal perparkiran. Bagaimana agar Perusda Parkir merancang sistem perparkiran untuk pengunjung F8,” pinta Danny Pomanto

Danny Pomanto menambahkan, lalu untuk Dinas Perhubungan diminta agar segera membuat rekayasa lalu lintas.

“Untuk rekayasa lalu lintas, saya minta Dinas Perhubungan tuntaskan memang. Minggu depan, minus 30 hari, sudah adami rekayasanya,” tambah Danny Pomanto.

Untuk Bagian Protokol dan penerimaan tamu, Wali Kota Makassar dua periode itu menuntut mereka harus betul-betul cakap.

“Karena pengalaman saat penyelenggaraan F8 sebelumnya, sistem tiketing serta exit dinilai belum terlalu nyaman dan kepada kepada Camat Ujung Pandang, Mariso dan Tamalate untuk turun membersihkan laut di sekitar area F8 berlangsung,” jelas Danny Pomanto. (*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here