Dibuka Presiden Jokowi, Direktur Utama RSUD Sawerigading Palopo Hadiri Rakerkesnas Tahun 2024

Direktur Utama RSUD Sawerigading Kota Palopo, dr. Rismayanti Amran Tandjung Sp.PA swafoto bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di sela-sela Rakerkesnas, Rabu (24/4/2024).

LINISULSEL.COM, TANGERANG SELATAN – Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Kota Palopo, dr. Rismayanti Amran Tandjung Sp.PA menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2024 yang di selenggarakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di International Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4/2024).

Rakerkesnas tersebut di buka secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dampingi sejumlah menteri Kabinet Maju yang hadir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Direktur Utama RSUD Sawerigading Kota Palopo, dr. Rismayanti Amran Tandjung Sp.PA mengatakan bahwa Rakerkesnas dihadiri 34 RSUD Provinsi dan 514 RSUD Kabupaten/Kota Se Indonesia.

“Rakerkesnas dihadiri 34 RSUD provinsi dan 514 RSUD Kabupaten/Kota Se Indonesia, pelaksanaan selama dua hari Rabu 24 dan 25 April 2024 di Tangerang Selatan, Banten,” kata dr. Rismayanti dalam keterangannya kepada media, Kamis (25/4/2024).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam menurunkan angka stunting dari 37,6 persen pada sepuluh tahun lalu menjadi 21,5 persen pada akhir tahun lalu, meskipun mengakui target 14 persen masih sulit dicapai. Selain itu, Presiden juga menyoroti tantangan besar dalam mengatasi penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan kanker yang menjadi penyebab kematian utama di Indonesia.

“Inilah pekerjaan besar kita. Tetapi kita tahu puskesmas sekarang ini sudah dikirim alat-alat lab, USG, EKG untuk mengatasi sedini mungkin hal-hal yang tadi saya sampaikan,” jelas Jokowi.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Panitia menyampaikan laporannya, bahwa kegiatan Rakerkesnas pada 2024 ini mengambil tema “Transformasi Kesehatan, Melesat Menuju Indonesia Emas”.

“Diharapkan, dari Rakerkesnas ini dapat diketahui hasil capaian kinerja 2023, dan perumusan langkah-langkah strategis untuk mencapai target kinerja ke depan terutama pasca diterbitkannya Undang – Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023,”

“Agar program tersebut tercapai, kita perlu antara lain pemenuhan 100% alat Kesehatan Puskesmas, Pustu, dan Posyandu dilakukan secara bertahap pada Tahun 2024-2028 serta pembangunan 48 Puskesmas baru di 48 Kecamatan,”

“Rakerkesnas ini juga menjadi forum komunikasi untuk berdiskusi kendala dan tantangan, serta mencari solusi efektif dalam pembangunan kesehatan,”

“Hal lain juga dibahas dalam Rakerkesnas tahun ini adalah UU kesehatan yang menitikberatkan strategi kesehatan pada upaya masyarakat jatuh sakit, atau menjaga masyarakat tetap sehat melalui program promotif dan preventif,” kata Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Panitia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here