Dibuka Wabup Lutim, Pasar Budaya di Mangkutana Berlangsung Meriah

Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa di dampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia membuka Pasar Budaya saat menghadiri Roadshow Kebudayaan yang diselenggarakan di Kecamatan Mangkutana, Rabu (5/6/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa di dampingi Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia membuka Pasar Budaya saat menghadiri Roadshow Kebudayaan yang diselenggarakan di Kecamatan Mangkutana, Rabu (5/6/2024).

Dalam sambutannya, Wabup Akbar menyampaikan bahwa budaya adalah jantung dari identitas bangsa yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kearifan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

“Setiap elemen budaya ini memiliki makna dan nilai yang mendalam, sehingga perlu kita lestarikan bersama,” kata Akbar Andi Leluasa.

Akbar Andi Leluasa juga mengatakan, untuk menjaga dan melestarikan budaya perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak baik pemerintah maupun sektor swasta.

“Masyarakat juga memegang peran penting dalam pelestarian budaya dan setiap individu memiliki tanggung jawab melestarikan budaya ini dengan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Wabup Lutim.

Oleh karena itu, Wabup Lutim berharap agar budaya tersebut tetap hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Menjaga kearifan lokal sebagai bagian dari budaya bangsa adalah tugas kita bersama. Dengan demikian, kita tidak hanya menjaga identitas, tetapi juga memberikan warisan berharga bagi generasi yang akan datang,” harapnya.

Road Show Kebudayaan ini diawali dengan devile budaya dari masing-masing desa, Tari Pagellu, Bujang Ganong dan diakhiri dengan Tari Torompio, Atraksi Kuda Lumping, Tari Mariringgo, Tari Saman dari Pasantren Al-Muhajirin dan dero.

Turut dihadiri, Forkopimda Lutim, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Lutim, Camat Mangkutana beserta Ketua TP PKK Kecamatan Mangkutana, Kepala Desa se-Kecamatan Mangkutana, TP PKK Kabupaten Lutim, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Sulawesi Selatan, Tokoh Adat, Agama, Pemuda, Budaya, Perempuan, Tokoh Masyarakat dan para Kepala Sekolah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here