Dinas Parmudora Lutim Latih Warga Cara Kelola Usaha Pondok Wisata

Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Parmudora) menggelar pelatihan pengelolaan usaha homestay/pondok wisata Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 bertempat di Aula Hotel I Lagaligo Malili, Minggu (29/10/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Parmudora) menggelar pelatihan pengelolaan usaha homestay/pondok wisata Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023 bertempat di Aula Hotel I Lagaligo Malili, Minggu (29/10/2023).

Pelatihan yang diikuti 40 peserta di dua kecamatan yaitu Desa Mabonta di Kecamatan Burau dan Desa Balo-balo di Kecamatan Wotu ini dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Masdin, didampingi Kepala Disparmudora, Andi Tabacina Akhmad.

Dalam sambutannya, Masdin menyampaikan tujuan pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay/Pondok Wisata ini guna memberikan pengetahuan tentang tata cara mengelola homestay atau pondok wisata sehingga nantinya para pemilik homestay dapat mengelola usahanya dengan baik sehingga memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan.

“Sektor pariwisata memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Dalam hal ini homestay telah terbukti sebagai salah satu pendekatan yang efektif untuk mendukung pariwisata lokal,” ungkap Masdin.

“Keberhasilan homestay tidak hanya tergantung pada pengetahuan praktis semata. Diperlukan juga komitmen yang kuat untuk memelihara standar kebersihan, keramahan, dan integritas yang tinggi. Melalui pelatihan ini, kita semua dapat meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah kita,” jelas Masdin.

Masdin juga mengingatkan pentingnya kolaborasi antar pengelola homestay, pemerintah desa dan pemerintah daerah.

“Pelatihan ini menandai komitmen kita untuk meningkatkan sektor pariwisata di Luwu Timur sehingga komunikasi yang baik dan kerjasama yang sinergis akan menjadi kunci keberhasilan kita dalam mengembangkan pariwisata di Luwu Timur sehingga menjadi objek wisata yang unggul dan memberikan dampak positif bagi perkembangan masyarakat lokal,” tandasnya.

Turut hadir Kepala Desa Mabonta, Kepala Desa Balo-Balo, Kelompok Sadar Wisata, Perwakilan BPD Desa Mabonta dan Desa Balo-balo, dan Pemilik Homestay Desa Mabonta dan Desa Balo-balo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here