Dinas PUPR Lutim Gelar Bimtek dan Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lutim bekerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menggelar Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung yang diikuti sebanyak 50 peserta.

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bekerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar menggelar Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung yang diikuti sebanyak 50 peserta.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari (7-10 November 2023) di Hotel I Lagaligo ini, dibuka Kepala Dinas PUPR Lutim, Syahmuddin didampingi Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Rusdi Husen, ST. M.Si dan Kepala Bidang Jasa Konstruksi PUPR Lutim, Tri Askari Yulianto. Selasa (7/11/2023).

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Rusdi Husen menyampaikan apresiasi dari Kementerian PUPR karena salah satu kabupaten atau OPD yang bintang 5 di wilayah kerja Balai Jasa Konstruksi wilayah VI adalah Kabupaten Luwu Timur.

“Dasarnya ialah Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Luwu Timur sudah hampir mandiri. Jadi setiap pembinaan pelaku jasa konstruksi yang diadakan oleh Kabupaten Luwu Timur sudah hampir 100% dibiayai oleh dinasnya sendiri,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Lutim, Syahmuddin menjelaskan, seperti yang disampaikan bapak Rusdi tadi, ini mungkin perdana Dinas PUPR melakukan kegiatan secara mandiri, jadi hampir seluruh persiapan termasuk pendanaan dibiayai sendiri oleh Dinas PUPR Lutim.

Ia pun meminta kepada bapak Rusdi agar kegiatan seperti ini meskipun dibiayai sendiri, pesertanya ditambah, karena menurutnya 50 orang dalam periode 1 tahun masih sangat kurang, mengingat kebutuhan Pelaksana Jasa Konstruksi khususnya pembangunan gedung dari tahun ke tahun pertumbuhannya sangat meningkat, jadi perkembangan pembangunan di Lutim mengalami peningkatan yang baik.

Sehingga teman-teman yang terampil dan memiliki sertifikasi sangat dibutuhkan.
Khusus bagi yang mengikuti bimtek ini, Syahmuddin mengingatkan bahwa waktu pelaksanaan bimtek ini lumayan panjang, dan pada hari terkahir yakni hari Jumat akan ada ujian untuk sertifikasi.
“Mohon bapak ibu yang ikut bimtek ini, betul-betul diikuti dengan baik setiap materi yang disampaikan bapak Rusdi dan kawan-kawan, mulai dari persiapan pelaksanaan, proses pelaksanaan, dan termasuk penyelesaian pekerjaan. Itu semua nanti yang akan disampaikan oleh ahlinya, dan mungkin juga akan dibekali bagaimana administrasi pelaksanaan proyek sehingga pada saat selesainya pekerjaan baik secara fisik maupun administrasi sudah bisa diterima dengan baik,” pesannya.

“Atas nama pemerintah daerah berharap bahwa, bapak ibu yang ikut kegiatan ini bisa lulus semua, jadi kita kembali sudah membawa oleh-oleh berupa sertifikat karena itu yang terpenting,” terang Syahmuddin.

Sebelumnya, Kepala Bidang Jasa Konstruksi PUPR Lutim, Tri Askari Yulianto mengucapkan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Dirjen Bina Konstruksi KemenPUPR atas dukungannya dan memfasilitasi kami dengan narasumber lainnya dan memberi bantuan berupa modul materi.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hatsindo Indonesia Teknik telah memfasilitasi terkait sertifikasi peserta Bimtek ini.

“Tujuan pelaksanaan Bimtek ini ialah untuk meningkatkan profesionalisme, peningkatan kualitas pekerjaan, keamanan dan keselamatan kerja, sertifikasi resmi, pengembangan sumber daya manusia, dan pematuhan regulasi khususnya pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung (PLPG),” jelas Tri Askari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here