Dinkes Palopo Pemeriksaan Kesehatan dan Pengukuran Tingkat Kebugaran 136 CJH Kota Palopo

Dinas Kesehatan Kota Palopo menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Palopo, Senin 4 Maret 2024.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Palopo

Suksesnya penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani bagi 103 CJH Kota Palopo ditambah 33 cadangan total 136 orang ini berkat kolaborasi pengelola program kesehatan olahraga Dinkes Palopo bersama pengelola kesehatan olahraga di 12 Puskesmas Kota Palopo.

Hal tersebut di sampaikan Kepala dinas Kesehatan Palopo, Irsan Anugrah saat menghadiri pemeriksaan kesehatan dan pengukuran tingkat kebugaran yang di gelar di lapangan pancasila, Senin 4 Maret 2024.

“Pemeriksaan kesehatan yang di lakukan hari ini untuk mendeteksi dini terhadap potensi atau resiko penyakit yang kemungkinan bisa menjadi penghalang bagi CJH Kota Palopo saat beribadah,” kata Irsan Anugrah

Lebih lanjut Irsan Anugrah mengatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan darah secara lengkap, penimbangan berat badan dan pengukuran lemak tubuh.

“Pemeriksaan kesehatan deteksi dini bertujuan agar CJH Kota Palopo nantinya dapat menunaikan ibadah dengan khusyu’,” kata Irsan Anugrah.

lanjut Irsan Anugrah menjelaskan selain pemeriksaan kesehatan, juga di lakukan pengukuran tingkat kebugaran jasmani bagi Calon Jemaah Haji

“Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, Calon Jemaah Haji harus mempersiapkan jauh-jauh hari dengan cara berlatih fisik/olahraga. Latihan fisik yang dilakukan tentunya harus sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing,” jelas Irsan Anugrah.

Mantan Direktur Utama RSUD Sawerigading Palopo menambahkan, pengukuran kebugaran jasmani bagi calon jemaah haji Kota Palopo bertujuan mengetahui kondisi kebugaran tubuh calon jemaah haji apakah dalam kategori baik, cukup, atau kurang.

“Selanjutnya masing-masing CJH akan mendapatkan rekomendasi latihan fisik dari dokter. Sehingga latihan yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik yang baik, benar, terukur dan teratur hingga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh masing-masing CJH,” tambahnya.

Irsan Anugrah mengungkapkan kegiatan ini salah satu bentuk komitmen dan dukungan Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kesehatan bermutu bagi masyarakat khususnya calon jemaah haji Kota Palopo Tahun 2024.

“Dengan kebugaran tubuh yang baik, jemaah haji tentu akan melakukan ibadah dengan khusyu’. Semoga jemaah haji Kota Palopo tahun 2024 menjadi haji yang mabrur, berangkat dengan kondisi yang sehat dan tiba kembali ke tanah air dalam keadaan tubuh yang sehat pula,” harapnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here