Dinsos P3A Lutim Gelar Rakor PUG, Staf Ahli Bupati Minta Anggota Pokja Lebih Aktif

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menggelar rapat koordinasi tim kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat kabupaten tahun 2023, di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Senin (25/9/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menggelar rapat koordinasi tim kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat kabupaten tahun 2023, di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Senin (25/9/2023).

Rakor PUG ini dibuka oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April mewakili Bupati Lutim, didampingi Kepala Dinsos P3A, Sukarti, Kepala Bapelitbangda, Dohri As’ari selaku ketua tim kelompok kerja PUG.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan percepatan pengarusutamaan gender dan perlindungan anak di daerah, Pemerintah Kabupaten Lutim juga telah menerbitkan peraturan daerah Kabupaten Lutim Nomor 2 Tahun 2018 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah.

“Sejak adanya regulasi ini, upaya mengintegrasikan aspirasi dan kebutuhan laki-laki dan perempuan dalam proses perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi terus dilakukan,” kata dr. H. April.

Menurut dr. H. April, kebijakan yang responsif gender, menjadi salah satu alat koreksi yang dapat digunakan oleh negara untuk mengurangi kesenjangan gender dari berbagai aspek pembangunan. Dalam Implementasinya, pengarusutamaan gender hendaknya dimaknai secara komprehensif dari hulu sampai hilir dan lebih fokus terhadap penyelesaian tujuh prasyarat PUG.

“Untuk itu seluruh pihak, baik pemerintah maupun non pemerintah harus bekerja bersama-sama, membangun, menguatkan komitmen, menyusun rencana aksi dan bertanggung jawab bersama dalam mengimplementasikannya, serta menjalin komunikasi menjadi sebuah keharusan dalam mewujudkan kesetaraan gender di sebuah wilayah,” jelas mantan Kadis Kesehatan ini.

Olehnya itu, ia mengajak kepada seluruh anggota pokja PUG agar lebih aktif mengambil peran, dan mendukung secara nyata dengan program dan kegiatan yang responsif sebagai implementasi strategi pengarusutamaan gender pada instansi masing-masing demi tercapainya keadilan dan kesetaraan gender di Kabupaten Lutim.

“Semoga dengan adanya pendampingan dari Fasilitator PUG Provinsi hari ini dapat menjadi suntikan energi untuk membangun komitmen yang lebih kuat lagi, guna mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Luwu Timur tercinta serta tentunya meraih predikat penghargaan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” harap dr. H. April.

Turut hadir, narasumber Fasilitator Pengarusutamaan Gender Provinsi Sulawesi Selatan, Febriani, para Kepala OPD Lingkup Pemkab. Lutim, para camat serta para peserta PUG Lutim. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here