Diskominfo SP Lutra Sosialisasi Peningkatan Akses Aduan Melalui SP4N Lapor!

Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian bekerja sama dengan USAID Erat melaksanakan Lokakarya peningkatan akses dan jumlah aduan melalui SP4N Lapor!

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Dalam rangka meningkatkan sistem pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian bekerja sama dengan USAID Erat melaksanakan Lokakarya peningkatan akses dan jumlah aduan melalui SP4N Lapor! bagi wilayah piloting di Luwu Utara.

Mewakili Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Asisten III Asyir Suaeb membuka secara langsung kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di ruang rapat wakil Bupati Luwu Utara, Kamis (30/5/2024).

Secara teknis lokakarya ini dibagi dalam dua sesi, dengan sesi pertama diikuti oleh admin masing-masing OPD sebagai pengelola Aplikasi SP4N Lapor, dan sesi kedua diikuti oleh sejumlah perwakilan dari Tokoh Agama dan masyarakat.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan lokakarya ini sebagai salah satu upaya dalam rangka evaluasi dan persamaan persepsi khususnya terkait dengan pengelolaan SP4N Lapor,” kata Asyir.

Asyir menyebutkan bahwa tujuan Sp4n Lapor ini agar penyelanggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, dan terkoordinasi dengan baik.

“Berbagai permasalahan dalam masyarakat tentunya harus segera ditindaklanjuti dan diantisipasi dengan cepat, agar ke depannya tidak terjadi aduan yang serupa dan terus berulang. Aduan maupun aspirasi masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat peduli dengan pemerintah daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Asyir berharap SP4N Lapor dapat tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat khususnya masyarakat di pedesaan.

“Hal ini berdampak terhadap pengaduan masyarakat yang lebih baik memanfaatkan media sosial sebagai media pengaduan, karena itu saya berharap agar sosialisasi mengenai SP4N Lapor dioptimalkan dengan melibatkan perangkat desa dan kelurahan,” harap Asyir.

Sementara itu, Ketua Admin pengaduan SP4N Lapor Diskominfo-Sp Luwu Utara, Nasrullah mengatakan tujuan dari lokakarya ini untuk meningkatkan pemahaman melalui simulasi prosedur pengelolaan kanal SP4N Lapor serta masyarakat dapat memanfaatkan kanal pengaduan tersebut.

“Melalui kegiatan ini saya berharap kepada para peserta untuk terus mensosialisasikan dan mempublikasikan SP4N-LAPOR! kepada masyarakat. Juga terus melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan SP4N LAPOR di instansinya masing-masing,” ucap Nasrullah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here