Dosen FAI UMI Bekali Keterampilan Mengajar Guru MA DDI Wal Irsyad Pangkep

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), kepada guru-guru di MA DDI Wal Irsyad, Pangkep, Rabu (05/12/2022).

LINISULSEL.COM,MAKASSAR – Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) kepada guru-guru di MA DDI Wal Irsyad, Pangkep, Rabu (05/12/2022).

Ini dilakukan sebagai wujud pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung pada masyarakat melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini mengusung tema Pelatihan Metodologi Pembelajaran Bagi Guru-Guru di MA DDI Wal Irsyad Padang Lampe Kabupaten Pangkep yang bertujuan untuk membekali diri dan mengasah keterampilan para guru di MA DDI Wal Irsyad Pangkep.

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Dr. H. Andi Bunyamin, M.Pd, serta dibantu anggota pengabdian yakni Dr. K. H. M.Zain Irwanto, MA. merupakan dosen dari Fakultas Agama Islam UMI. Hadir pula dalam acara pengabdian ini beberapa orang mahasiswa yang terlibat dalam membantu jalannya kegiatan pengabdian masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian tersebut Andi Bunyamin selaku ketua menjelaskan, pemilihan tema mengenai Pelatihan Metodologi Pembelajaran Bagi Guru-Guru di MA DDI  Wal Irsyad Padang Lampe Kabupaten Pangkep.

Diharapkan dapat membantu para guru di Sekolah tersebut, dalam memberikan pelayanan yang baik dalam mengajar, kepada para siswa/i guru di MA DDI Wal Irsyad.

“Lembaga pendidikan formal atau sekolah, memiliki peran untuk memberi kemampuan dalam pengembangan berbagai hal. Seperti konsep, prinsip, kreativitas, tanggung jawab, dan keterampilan yang menjadi kebutuhan siswa melalui proses pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian ini, diharapkan sekolah dapat menjamin kualitas pelayanan dan pendidikannya. Karena nantinya, siswa akan merasakan kepuasan apabila kebutuhannya terpenuhi, dan akan merasakan kekecewaan apabila kebutuhanya tidak terpenuhi,” kata Andi Bunyamin dalam keterangan tertulisnya Selasa (05/12/2022).

Sementara itu, Ibu Rahmatia, S.Ag, selaku Wakil Kepala Sekolah mengaku sangat senang dengan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungannya.

Tidak hanya membantu dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan kepada para guru di MA DDI Wal Irsyad, namun kegiatan pengabdian ini juga sebagai wadah dalam membuka silahturahmi antara dosen Universitas UMI khususnya Fakultas Agama Islam dengan guru di MA DDI Wal Irsyad Pangkep.

“Saya sangat senang atas terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat ini, guru di MA DDI Wal Irsyad dapat sharing dan bertukar pikiran dengan dosen Universitas UMI. Meski dilakukan secara dalam waktu yang singkat namun saya merasa kegiatan pengabdian ini sangat efektif dalam mentransfer ilmu dan wawasan terkait dengan pelayanan dan metode pembelajaran,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here