DP2KB Gelar Pemilihan Duta Genre Lutim, Ini Pemenang Putra dan Putri

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) mengadakan kegiatan Apresiasi Duta Genre Luwu Timur dengan tema “Bergerak Memberi Arti, Bergerak Menginspirasi”.

INISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) mengadakan kegiatan Apresiasi Duta Genre Luwu Timur dengan tema “Bergerak Memberi Arti, Bergerak Menginspirasi”.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 22 November 2023 ini diikuti oleh remaja-remaja Luwu Timur dengan jangkauan usia minimal 17 – 24 tahun dengan beberapa persyaratan lainnya yang juga perlu dipenuhi sebagai calon duta.

Selama dua hari, kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, yakni hari pertama dilaksanakan di Aula gedung DP2KB dan acara grand final diselenggarakan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, dengan total peserta calon Duta Genre Luwu Timur tahun 2023 ini berjumlah 24 remaja yang berasal dari berbagai PIK remaja sekolah yang ada di Luwu Timur.

Acara grand final Apresiasi Duta Genre ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April mewakili Bupati Luwu Timur, Rabu (22/11/2023), yang turut dihadiri pula oleh Duta – Duta yang ada di Luwu Timur seperti Duta Literasi, Duta Forum Anak, Duta Yayasan Peduli Sosial, Duta Sejarah Sulawesi Selatan serta Duta Batik Sulawesi Selatan.

Apresiasi Duta Genre kali ini dilakukan seperti tahun sebelumnya yaitu memilih Duta Putra dan Duta Putri Genre Luwu Timur.
Selain itu, pada Grand Final ini, juga sekaligus dilakukan penyerahan hadiah lomba-lomba POKTAN tingkat Kabupaten Luwu Timur dan juga penyerahan cinderamata sebagai ucapan terimakasih kepada beberapa mitra atas kerjasama dalam kegiatan Forum Genre Luwu Timur yaitu GESIT (Genre Social Action) yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. H. April mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan PIK remaja dalam mengembangkan materi dan isi pesan Program GenRe dalam rangka Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi remaja, meningkatkan kemampuan PIK remaja dalam mengembangkan kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif, meningkatkan kemampuan PIK remaja dalam memperluas dukungan, kemitraan dan jejaring kerja serta meningkatkan minat remaja untuk aktif dalam kegiatan dan pengelolaan PIK Remaja.

“Semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi kelompok kegiatan untuk melaksanakan kegiatannya di masyarakat,” harap dr. April. (*)

Adapun pemenang Duta Genre Luwu Timur tahun 2023, yaitu :

Putra :
1. Domi Kornelius (SMAN 4 Luwu Timur
2. Aldiansyah Jaya Putra (SMAN 12 Luwu Timur)
3. Muh. Aqhsa Al-Fath Y (SMAN 3 Luwu Timur)

Putri :
1. Rahel Agustina (SMAN 10 Luwu Timur)
2. Aida Khairinnisa (SMAN 12 Luwu Timur)
3. Dinda Mariana Angel (SMAN 6 Luwu Timur)

Sementara pemenang lomba-lomba KB (Poktan) Tahun 2023 sebagai berikut :

1. LOMBA KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA :

Juara I : BKB Ananda Kecamatan Nuha
Juara II : BKB At Takwa Kec. Malili
Juara III : BKB Galang Kec. Mangkutana

2. LOMBA KELOMPOK BINA KELUARGA REMAJA :

Juara I : BKR Tunas Bangsa Kec. Malili
Juara II : BKR Moroso Kec. Mangkutana
Juara III : BKR Mekar Kec. Burau.

3. LOMBA KELOMPOK BINA KELUARGA LANSIA :

Juara I : BKL Wijaya Kusuma Kecamatan Malili
Juara II : BKL Teratai Kec. Kalaena
Juara III : BKL Bina Tua Kec. Burau

4. LOMBA KELOMPOK UPPKA :

Juara I : UPPKA Mom Tiara Kec. Malili
Juara II : UPPKA Maju Bersama Kec. Kalaena
Juara III : UPPKA Herbal Kuncup Kec. Towuti.

5. LOMBA KELOMPOK PIK REMAJA :

Juara I : PIK Remaja Anggrek SMPN 1 Wasuponda
Juara II : PIK Remaja K-Puri SMPN 1 Towuti
Juara III : PIK Remaja Mandalik SMPN 1 Mangkutana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 2 = 4