Gowa Deklarasi Pemilu Damai Putih Abu-abu, Bupati Adnan Ajak Pelajar Gunakan Hak Pilih

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Putih Abu-Abu, Rabu (7/2/2024).

LINISULSEL.COM, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak pelajar SMA/SMK/Sederajat yang usianya di atas 17 tahun atau sebagai pemilih pemula untuk ikut serta dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Bahkan pada pelaksanaannya di 14 Februari 2024 mendatang, ia mengajak serta agar pemilih pemula ikut berkontribusi menciptakan Pemilu damai.

“Deklarasi Pemilu damai ini untuk mengajak semua pemilih pemula untuk datang ke TPS, mengajak seluruh keluarga, sahabat dan tetangga karena ini merupakan sejarah baru bagi kalian semua untuk memilih,” katanya saat menghadiri Deklarasi Pemilu Damai Putih Abu-Abu Tingkat Kabupaten Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (7/2/2024).

Adnan menyebutkan, berdasarkan data BPS, saat ini penduduk Kabupaten Gowa didominasi oleh generasi millenial, gen z dan post gen z yakni di atas 60 persen. Sehingga peran pelajar dalam menciptakan Pemilu damai sangat dibutuhkan sebagai salah satu keberhasilan daerah dalam menjalankan Pemilu.

“Dari hasil pendataan yang ada, generasi milenial, gen z dan post gen z itu sudah di atas 60 persen dan semua ini adalah rata-rata pemilih pemula. Jadi manfaatkan kesempatan pertama kalian dalam memilih untuk datang ke TPS sebagai catatan sejarah baru bagi adik-adikku sekalian dan jangan lupa untuk menjaga ketertiban dan kedamaian di wilayah Kabupaten Gowa,” tambah Adnan.

Lebih jauh orang nomor satu di Gowa itu menyampaikan, agar pelajar sebagai pemilih pemula harus mampu menjadi agen perubahan dengan mengajak orang sekitar agar tidak golput dan ikut serta membantu pemerintah, TNI, Polri, Bawaslu dan KPU menciptakan Pemilu yang aman, damai untuk Gowa yang lebih baik.

“Saya berpesan kepada kalian, mari kita menjadi agen perubahan untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang ada di Kabupaten Gowa. Jangan golput dan jangan ikut memprovokasi masyarakat namun diharapkan kalian sebagai orang-orang cerdas yang Insya Allah akan menggantikan kami untuk mengajak selalu, keluarga, sahabat dan teman-teman kita menuju pada sebuah kebaikan,” harapnya.

Sementara Wakapolres Gowa, Kompol Soma Miharja mengatakan seluruh pelajar atau siswa SMA/ SMK/ sederajat harus turut berpartisipasi menjadi pelopor Pemilu Damai 2024, karena para siswa-siswi termasuk dalam golongan pemilih pemula yang berkontribusi langsung untuk Indonesia lima tahun kedepan.

“Para pemilih pemula agar bersama-sama mewujudkan pemilu yang aman, tertib, dan damai berintegritas tanpa hoax, politisasi uang serta ikut memastikan bahwa Pemilu damai tidak semata-mata dimaknai sebagai program melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama pelaksanaan rangkaian tahapan Pemilu di wilayah Kabupaten Gowa,” katanya

Selain itu, ia juga meminta agar seluruh pelajar bersedia untuk menjaga kedamaian selama pemilu sebagai tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

“Saya percaya kita semua yang hadir di sini sependapat bahwa Pemilu damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa mulai dari tataran individu, pemerintah, serta kelompok masyarakat tidak terkecuali dari para siswa-siswi SMA sederajat selaku pemilih pemula yang berkomitmen untuk menjaga kondisi aktivitas dan keamanan selama Pemilu,” tutupnya.

Di akhir pelaksanaan, turut dilakukan penandatangan sebagai bentuk komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu damai di Kabupaten Gowa.

Turut hadir Forkopimda Gowa, Ketua KPU Gowa, Ketua Bawaslu Gowa dan Ratusan Siswa-siswi SMK/SMA/Sederajat Se-Kabupaten Gowa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here