Hadapi Penilaian STBM Award 2023, Pemkab Lutim Lakukan Pemutakhiran Data

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melakukan rapat Pemutakhiran Data STBM, bertempat di Aula Kantor Bapelitbangda, Kamis (14/9/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Jelang pelaksanaan verifikasi Lapangan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melakukan rapat Pemutakhiran Data STBM, bertempat di Aula Kantor Bapelitbangda, Kamis (14/9/2023).

Rapat yang dipimpin staf ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir, dalam sambutannya mengatakan, sanitasi merupakan suatu kebutuhan dasar masyarakat dalam menciptakan suatu keadaan yang baik terutama pada bidang kesehatan.

“Air itu penting bagi kesehatan dan harus bersih dan jernih. Jika tidak bersih, maka penyakit akan bertambah misalnya muntaber, untuk itu butuh perhatian yang besar,” kata Rapiuddin.

Rapiuddin mengatakan, Kementrian Kesehatan akan melakukan verifikasi lapangan terhadap kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat.

“Untuk Tahun 2023, Lutim akan menjadi salah satu lokus penilaian sanitasi berbasis masyarakat. Oleh karena itu, perlu persiapan untuk menyatukan persepsi kita bersama dengan menyiapkan data yang diperlukan,” jelas Rapiuddin.

Sementara itu, Sanitarian Ahli Madya, Fitriana Syarifuddin mengatakan, terkait dengan tempat pembuangan sampah di Desa Tarengge Kecamatan Wotu dapat menggunakan anggaran desa melalui dana BKK untuk pembuatan jamban dan container.

“Pemerintah desa dan puskesmas saling berkoordinasi untuk membuat pertemuan dengan menghadirkan kepala keluarga yang masuk dalam daftar untuk persiapan verifikasi di desa, karena ini menjadi perhatian khusus,” ucap Fitriana.

Hadir pada kesempatan ini, Dinas kesehatan, Bapelitbangda, DLH, DPMD, Dinas PUPR, kepala UPTD dan sanitarian PKM Burau, Wotu, Tomoni, Tomtim, Kalaena, Pendamping Desa kabupaten ; Kecamatan Tomoni, Malili, Wotu, Angkona, Kalaena, serta aparat desa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here