IAIN Palopo Gelar Pembukaan Kuliah Semester Gasal, Pejabat Kemenag Beri Orasi Ilmiah

IAIN Palopo menggelar pembukaan kuliah semeseter gasal, Jumat 2 September 2022.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Pembukaan Kuliah Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Finisi IAIN Palopo, Jumat (02/09/2022).

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut yaitu “Tantangan Pendidikan Islam Era Digital.” Dengan menghadirkan pembawa Orasi Ilmiah yaitu Kasi Peningkatan Mutu Akademik Direktorat PTKI Kementerian Agama (Kemenag) RI, Dr. H. Abdul Mukti Bisri, M.Ag.

Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pembawa orasi ilmiah yang menyempatkan hadir dan datang jauh-jauh dari ibu kota untuk kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah 1.218 mahasiswa baru tahun ini, jadi kurang lebih 9.000  mahasiswa IAIN Palopo untuk sekarang,” ungkapnya.

Lanjutnya, kalau melihat jumlah mahasiswa hari ini kita telah melampaui syarat untuk menjadi UIN, karena syaratnya menjadi UIN yaitu 3.500 mahasiswa.

“Para mahasiswa pada kesempatan ini, kami juga  mengharapkan kesungguhannya untuk mengikuti proses-proses akademik selama satu semester kedepannya, karena ini menentukan perjalanan mahasiswa pada semester berikutnya, kita harapkan masa studi di kampus ini rata-rata 4 tahun,” ucapnya.

“Berikutnya kita tau juga bahwa di kampus kita ini ada program Ma’had Al-Jamiah tujuannya adalah agar lebih memberi penguatan pada perwujudan visi IAIN  Palopo, tidak ada alumni IAIN Palopo yang tidak bisa mengaji,” lanjutnya.

Tambahnya, para mahasiswa saya sampaikan, tradisi akademiklah yang menjadi perhatian kita, jadi masuk ke kampus yang terasa nuansa akademiknya.

“Saya kira ini dapat kita wujudkan karena fasilitas-fasilitas sudah kita miliki, ada perpustakaan, ruang kelas, dan ruang-ruang lainnya,” katanya.

“Mudah-mudahan pembukaan kuliah kali ini memberi nuansa tersendiri bagi para mahasiswa dalam melakukan perkuliahan di semester ini,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan Rektor IAIN Palopo, Kasi Peningkatan Mutu Akademik Direktorat PTKI Kementrian Agama RI, Wakil Rektor, guru besar, para dosen, staf, serta mahasiswa. (Fatmawati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here