Indah Putri Minta Satgas Pangan Turun Memantau Harga Komoditi

Bupati Lutra Indah Putri Indriani memimpin High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah dalam Rangka Menyambut Idul Adha 1445 H di ruang Command Center Luwu Utara, Selasa (11/6/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta Satgas Pangan untuk turun langsung memantau harga komoditi di pasar jelang Idul Adha.

Hal itu ditegaskan Indah Putri saat memimpin High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah dalam Rangka Menyambut Idul Adha 1445 H di ruang Command Center Luwu Utara, Selasa (11/6/2024).

“Kita tidak apa-apa untuk turun langsung memantau harga di beberapa pasar sampai menjelang idul adha sambil gerakan pangan murah tetap berjalan. Kita turun di 8 pasar,” kata Indah Putri

Indah Putri juga meminta untuk mengantisipasi cuaca terutama distribusi pasokan ke daerah-daerah yang terdampak banjir.

“Lihat apakah kondisi cuaca hari ini berdampak pada transportasi kita ke beberapa desa. Pastikan distribusi logistik ke titik itu tidak terganggu seperti ke Pasar Belawa, Tolada dan Mario. Sebab jika distribusi terganggu maka juga bisa menyebabkan kenaikan harga,” ucapnya.

“Segera gerak cepat, lakukan kajian cepat dan jika persoalannya adalah distribusi maka kita subsidi di transportasinya,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Pada kesempatan itu Indah juga meminta dukungan kepada pihak perbankan untuk mendorong relaksasi terutama bagi warga yang menjadi nasabah di wilayah terdampak banjir.

Diketahui dari 20 jenis komoditi, beberapa relatif stabil dan mengalami penurunan salah satunya beras. Dari data Bulog dan ketahanan pangan, beras surplus di Luwu Utara bahkan harga di pasaran jauh lebih murah dari HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditentukan oleh Bapanas yaitu 11.500 per kg. Sementara untuk cabe rawit mengalami kenaikan harga. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here