Indah Putri Serahkan 400 Sertifikat Tanah Warga Desa Arusu

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di kantor Desa Arusu, Kamis (24/1/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Sebanyak 400 bidang tanah milik masyarakat Desa Arusu, Kecamatan Malangke Barat, rampung disertifikatkan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Ratusan sertifikat tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani kepada masyarakat setempat di kantor desa arusu, Kamis (24/1/2024).

Ikut mendampingi Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Luwu Utara, Sukirman dan Kepala dinas PTUR Muharwan.

“Hari ini kita menyerahkan sertifikat dari program PTSL sejumlah 400 sertifikat kepada warga. Alhamdulillah dan terima kasih kepada ATR BPN, Pak Menteri, yang sudah membuat program ini,” ungkap Bupati Perempuan pertama di sulsel ini.

Indah Putri berpesan, kepada masyarakat yang tanahnya belum memiliki sertifikat untuk segera mengurus sertifikat supaya bisa memiliki kepastian hukum.

‘’Bagi warga yang tanahnya belum bersertifikat, segera di upayakan untuk mengurus secepatnya. Apa lagi tadi di sampaikan oleh kepala kantor pertanahan bahwa tahun ini Luwu utara kembali mendapatkan program PTSL,” pesan Indah Putri.

Lanjut Indah Putri, untuk desa yang mendapatkan program tersebut di upayakan tuntas bukan hanya lahan masyarakat, rumah ibadahn dan juga aset desa boleh mendapat program tersebut

Dengan adanya sertifikat tersebut, harapannya semakin banyak masyarakat yang memiliki jaminan kepastian hukum dan hak yang jelas atas kepemilikan tanahnya. Menghindari terjadinya konflik sengketa tanah, serta bisa untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Bagi Yang sudah menerima sertifikat PTSL tersebut agar bisa menjaga dan merawatnya dengan baik. Sebab selain ini sebagai kepastian hukum sertifikat ini dapat diagunkan untuk pinjaman, dengan catatan pinjaman ini digunakan untuk hal-hal yang produktif bagi masyarakat,” harap Isteri dari anggota DPR RI Fraksi golkar Muh Fauzi ini

Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Luwu Utara, Sukirman mengapresiasi komitmen dan perhatian yang di berikan oleh pemerintah daerah khususnya ibu Bupati dalam memberikan dukungan pada program yang ada di Pertanahan.

“Luwu Utara selalu mendapat kouta program sertifikat terbanyak selamat dua tahun berturut-turut, hal ini tentu tidak terlepas dari komunikasi baik yang dilakukan oleh ibu bupati mulai dari tingkat Provinsi hingga komunikasi langsung ke Sekjen BPN,” tutupnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 67 = 75