Indah Putri Temui Langsung Kader Dasa Wisma Dua Kecamatan

Bupati Lutra Indah Putri menemui langsung kader dasa wisma Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Baebunta Selatan, Senin (29/1/2024).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani kembali menjadi narasumber dalam Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Dasawisma.

Kali ini Indah Putri menemui langsung kader dasa wisma di Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Baebunta Selatan, Senin (29/1/2024).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Baebunta ini, Indah Putri menerangkan bahwa dasa wisma berasal dari dua kata yaitu dasa dan wisma yang berarti sepuluh dan rumah.

“Dasa wisma itu umumnya terdiri dari sepuluh rumah yang bertetangga, tapi bisa juga lebih sampai 20 rumah, yang kegiatannya itu diarahkan pada peningkatan kualitas rumah tangga,” papar ibu dua anak ini.

Ia menambahkan bahwa dasa wisma adalah sub organisasi di bawah PKK yang bertugas membantu melaksanakan 10 program pokok PKK.

“Dengan hadirnya dasa wisma, kita ingin mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga masyarakat tidak hanya menjadi objek, tetapi juga berperan sebagai subjek yang aktif dalam pembangunan,” kata Indah Putri.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Luwu Utara itu mengatakan ada banyak manfaat dari terbentuknya dasa wisma, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Melalui dasawisma, ada banyak hal yang bisa kita dorong secara efektif. Dari gotong royong atau kerja bakti, pengolahan sampah, pengolahan kotoran hewan ternak, pemanfaatan lahan pekarangan, bahkan sampai penanganan stunting dan miskin ekstrem pun dapat ditangani oleh kelompok dasa wisma. Jadi jika dasa wismanya aktif, target pemerintah juga bisa ikut selesai,” terang Indah Putri.

Oleh karena itu, bupati perempuan pertama di Sulsel ini menegaskan kepada para kader agar memastikan pembentukan dasa wisma di desanya masing-masing.

“Harap segera membentuk dasa wisma di desa masing-masing, bisa persepuluh atau hingga perdua-puluh rumah. Pastikan semuanya dapat aktif, caranya bisa dengan rutin melakukan perlombaan tertentu, seperti lomba kebersihan rumah atau dengan mengadakan arisan dana sehat, dan lain sebagainya. Yang penting pastikan kemanfaatannya dapat meningkatkan kualitas hidup dari anggota kelompok dasa wisma tersebut,” pesan istri anggota DPR-RI, Muhammad Fauzi ini. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

24 − = 23