Ini Harapan FKJ Kepada Jurnalis di Hari Pers Nasional 2024

Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik yang juga Pembina FKJ Brothers, H. Farid Kasim Judas saat memberikan keterangan pers. Sabtu (29/7/2023).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Hari Pers Nasional (HPN) menjadi momen berharga di Indonesia yang tidak hanya menghormati profesi jurnalistik, tetapi juga mengenang perjuangan jurnalis dalam menjalankan tugas.

Hari Pers Nasional bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebebasan pers serta mengingatkan masyarakat akan peran vital media massa dalam menyampaikan informasi yang akurat dan seimbang.

Dalam rangka memperingati HPN, Farid Kasim Judas (FKJ) menyampaikan harapannya agar para jurnalis di seluruh Indonesia, terutama di Kota Palopo, semakin profesionalisme dalam menghasilkan karya jurnalistik yang mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers di Indonesia, terutama di Kota Palopo, semakin profesional dalam menjalankan tugas jurnalisnya untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan dan kemajuan daerah,” ujarnya.

FKJ menilai perayaan HPN tahun 2024 sangat spesial karena bertepatan dengan tahun politik, yang membuat peran jurnalis dalam mengawal dan menjaga jalannya demokrasi menjadi amat penting.

“Edukasi politik kepada publik memiliki signifikansi yang tinggi, sesuai dengan tema HPN 2024, yaitu ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa,'” ungkapnya.

Pria yang meraih gelar doktor di bidang ilmu hukum dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) menegaskan jika peran media dalam pendidikan politik telah berhasil memunculkan kesadaran politik di masyarakat. Hal ini mendorong masyarakat untuk aktif dalam menyuarakan aspirasi kepada pemerintah serta mendorong keterlibatan aktif dalam kegiatan politik.

“Dalam negara demokrasi, kebebasan pers merupakan hal yang mutlak diperlukan. Negara menjamin kebebasan bersuara, berpendapat dan berekspresi, termasuk bagi pers,” ujar FKJ.

Kendati demikian, Farid Kasim Judas mengingatkan agar para jurnalis tetap menjunjung tinggi etika jurnalistik dalam menjalankan profesi, terutama dalam mengumpulkan dan menyampaikan setiap informasi kepada masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

68 + = 69