Jambore PKK dan Dasawisma Lutra Berakhir, Ini Daftar Pemenang Lomba

Jambore PKK dan Dasawisma tingkat Kabupaten Luwu Utara yang dipusatkan di Desa Bungapati, Kecamatan Tanalili.

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Jambore PKK dan Dasawisma tingkat Kabupaten Luwu Utara resmi berakhir.

Jambore yang dipusatkan di Desa Bungapati, Kecamatan Tanalili ini berlangsung selama 3 hari, sejak 1 hingga 3 Desember 2023 dan dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Jambore tersebut merupakan jambore tingkat kabupaten pertama yang di laksanakan setelah pandemi.

Turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Shodiqin, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para anggota PKK, menguatkan pelaksanaan dasawisma serta untuk merajut kembali kebersamaan khususnya antar anggota PKK dan dasawisma se-kabupaten Luwu Utara.

“Dengan harapan, agar bagaimana kelompok PKK dan dasawisma yang dibentuk di desa sebagai unit terdekat masyarakat, setidaknya dapat menjadi pelapor, sehingga masalah yang ada dalam masyarakat dapat segera diintervensi dan diselesaikan sesuai kewenangan masing-masing,” terang Ketua PKK Kabupaten Luwu Utara, Marhani Katma.

Diikuti oleh kurang lebih 900 orang dari 13 PKK Kecamatan se-kabupaten Luwu Utara, kegiatan ini juga diisi dengan Talk Show dan memperlombakan 8 jenis lomba, yaitu Lomba Devile, Lomba Jingle PAREDI, Lomba Jingle GELARI PELANGI, Lomba Tenda Sehat dan Menu sehat Keluarga, Lomba Kader Rangking I, Lomba Fashion Show Baju PKK, Lomba Joget Balon, hingga Lomba Nyanyi Solo untuk seluruh Ketua PKK Kecamatan.

Adapun pembicara dalam Talk Show pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Ketua PKK Luwu Utara, Marhani Katma.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PKK menyampaikan materi terkait stunting serta gambaran sinergitas dan kolaboratif antara pemerintah dan organisasi PKK khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Saya mengajak para pengurus dan kader PKK dapat bekerja dari hulu ke hilir, yakni dengan memperkuat edukasi terhadap masyarakat agar dapat hidup mandiri. Minimal memahami pola asuh anak yang tepat, sehingga sejak hamil, melahirkan, hingga anak menuju usia 2 tahun, orang tua dapat memahami cara membangun manusia yang berkualitas, baik dari fisik maupun kapasitas otak atau IQnya,” ajak Marhani Katma.

Sementara untuk perlombaan, Tuan Rumah PKK Kecamatan Tanalili meraih Juara Favorit pada kategori Lomba Devile karena berhasil menampilkan berbagai etnis adat dan budaya yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Sedang gelar Juara Umum berhasil diraih oleh PKK Kecamatan Masamba.

Berikut pemenang pada kategori lomba lainnya; Lomba Tenda Sehat dimenangkan oleh PKK Kecamatan Bone-bone.

Lomba Jingle Paredi dimenangkan oleh PKK Kecamatan Masamba. Lomba Jingle Gelari Pelangi dimenangkan oleh PKK Kecamatan Baebunta, dan Lomba Kader Rangking 1 di menangkan oleh PKK Kecamatan Malangke Barat. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 76 = 78