Judas Amir Penandatanganan Prasasti Apeksi 2023, Momen Bersejarah antar Pemerintah Kota Se-Indonesia

Walikota Palopo, Drs. H. M Judas Amir, MH dan seluruh wali kota anggota Apeksi berkumpul dan menandatangani prasasti Apeksi di Pantai Losari Kota Makassar.

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Walikota Palopo, Drs. H. M Judas Amir, MH, hadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Apeksi 2023 yang digelar di Gedung Upperhills, tanjung bunga Kota Makassar. Rabu (12/7/2023).

Hadir di kegiatan Apeksi 2023, mendampingi Walikota Palopo, Asisten II (Bidang Perekonomian dan Pembangunan), Sekwan DPRD Kota Palopo, Kepala Bappeda, Plt. Kadis Kominfo dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, serta para official/peserta delegasi Kota Palopo.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Palopo juga meninjau Stand Pameran Indonesia City Expo (ICE), pameran ICE merupakan rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi 2023 menampilkan stand dari 98 Kota di Indonesia yang menjual produk – produk khas daerah.

Dalam pameran tersebut stand Kota Palopo mempromosikan serta menjual produk daerahnya.

Giat Apeksi dilanjutkan dengan penanda tanganan prasasti Kepala Daerah Se Indonesia serta mengikuti Karnaval Budaya yang diikuti seluruh Kota se Indonesia dengan menampilkan ragam budaya daerah masing-masing, bertempat di jalan utama sepanjang Pantai losari.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar termasuk Pemkot Palopo mencetuskan momentum bersejarah pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI 2023.

Momentum itu terjadi ketika seluruh wali kota anggota Apeksi berkumpul dan menandatangani prasasti Apeksi di Pantai Losari.

Prasasti tersebut berdiri di Anjungan Bugis Pantai Losari, tepat bersebelahan dengan prasasti Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27, yang juga telah ditandatangani sejumlah kepala daerah se-Indonesia pada peringatan Hari Otda, beberapa waktu lalu.

Dengan hadirnya prasasti Apeksi ini, diharapkan kerja sama antarkota di Indonesia akan makin erat. Para wali kota juga diharapkan dapat terus berbagi pengalaman dan ide demi kemajuan pembangunan di wilayah masing-masing serta membantu menciptakan keseragaman dalam implementasi berbagai program pemerintah.

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T. menyampaikan sambutannya mengapresiasi terkhusus Kepada Bapak Walikota Makassar yang selalu hadir untuk menjadi tuan rumah dan juga melaksanakan event-event kegiatan nasional di sulawesi selatan dan ini harapan kita bagaimana pembahasan sinergitas dan kota ini biasanya dibangkitkan daripada adanya kunjungan dan adanya antraksi kegiatan – kegiatan kepariwisataan dan kegiatan lainnya yang selalu meriah.

“Kita pemimpin-pemimpin masa depan hadir di tempat ini dari segala penjuru, disinilah para pimpinan walikota dengan penduduk terbesar di wilayah masing-masing. Dengan adanya penggerak kegiatan seperti ini Insya Allah ada sekitar 45 milyar itu interaksi antar bisnis, kita berkolaborasi bersama dan kita menghidupkan bagaimana interaksi didalam kita semuanya,” tambahnya.

“Besar harapan kami pertemuan ini melahirkan sebuah ide-ide gagasan untuk indonesia kedepan dan ide juga harus kuat dan berharap seluruh walikota se indonesia setiap kali berkunjung memiliki kenyamanan”. Jelasnya.

Dilanjutkan arahan Bapak Presiden RI dan juga keynote speaker dari Kemendagri RI yang dalam hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri RI sekaligus membuka secara resmi Rakernas XVI Apeksi 2023, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, menyampaikan terima kasih dari Bapak Presiden RI dan Kemendagri RI yang pertama adalah tentang harga-harga barang di kota-kota inflasi minggu ini rata-rata nasional 3,52%, luar biasa ini adalah kerja keras kita semua.

Bapak Presiden menguji kerja keras seluruh kawan-kawan pemerintah dan meminta untuk selalu mengontrol harga-harga kebutuhan pokok karena sejumlah negara digunjang persoalan harga bahan pokok dan transportasi.

Kerja keras kita semua telah memberikan keyakinan kepadan Bapak Presiden RI dan Bapak Kemendagri RI bahwa sesungguhnya kerja sama kita ini mampu mengendalikan harga-harga itu sendiri.

Banyak hal yang tentunya kita ingin capai oleh kita semua tapi paling tidak kita akan mengambil dua hal yang pertama inflasi dan yang kedua perekonomian yang bergerak luar biasa.

Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVI (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 ditandai dengan penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif, Ketua Umum Apeksi,Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan Walikota Makassar.

Ada banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam Rakernas XVI Apeksi 2023 yang tentu saja sudah dibuka dimalam pertama yaitu Youth City Changer (YCC) yang dilaksanakan di lapangan Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros

Kemudian gala dinner di anjungan City Of Makassar. Dilanjutkan pembukaan Rakernas XVI Apeksi 2023 yang merupakan puncak acara yang berlangsung selama dua hari.

Dilanjutkan Sepeda Santai dan Penanaman Pohon Bersama oleh Kepala Daerah se-Indonesia, City Tour dan Kuliner, Ladies Program, dan sebagai penutup di hari terakhir 14 Juli 2023 akan di selenggarakan pula Makassar Investment Forum 2023. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here