Kades Se-Lutim Ikut Bimtek Sinkronisasi Pembangunan Desa dan Kabupaten di Makassar

Bupati Lutim H Budiman membuka Bimbingan Teknis untuk kepala desa yang berlangsung dari tanggal 04 – 08 Oktober 2023 di Maleo Function Room, Grand Maleo Hotel, Makassar

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Dalam rangka menyinkronkan perencanaan pembangunan desa dan kabupaten dalam konteks pembangunan desa, maka Seluruh Kepala Desa di Luwu Timur, yang dikoordinir Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur menggelar Bimbingan Teknis yang berlangsung dari tanggal 04 – 08 Oktober 2023 di Maleo Function Room, Grand Maleo Hotel, Makassar.

Mengawali sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara serta kepada Kepala Desa yang telah berkenan meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan bimtek peningkatan kapasitas.

Harapannya, melalui bimtek ini pelaksanaan perencanaan di desa dalam hal pembangunan desa akan lebih maju, terarah dan berkelanjutan.

“Sejatinya keberhasilan pembangunan di tingkat desa akan dapat menciptakan landasan yang kokoh dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” kata H. Budiman, Rabu (4/9/2023) saat membuka acara Bintek

Bupati menambahkan, pelaksanaan bimtek sinkronisasi antara perencanaan desa dan perencanaan kabupaten sejatinya harus selalu dikedepankan sehingga demikian perencanaan desa dan perencanaan kabupaten dapat berjalan dengan baik.

Diakhir sambutannya, bupati berpesan kepada peserta agar memahami konsep sinkronisasi, selain itu juga diharapkan mampu menyusun perencanaan pembangunan desa berbasis potensi/karakteristik, kebutuhan desa, cara memberdayakan masyarakat dan kelembagaan didesa dalam penyusunan perencanaan desa.

“Selain itu, peserta juga diharapkan mampu mewujudkan konsistensi dan keselarasan antara perencanaan pembangunan desa dan perencanaan pembangunan kabupaten,” tandas Bupati

Pembukaan bimtek ditandai dengan penyematan kartu tanda peserta kepada perwakilan kepala desa oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman dan Ketua TP-PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan acara inti, yaitu penyampaian materi bimtek dalam kesempatan ini menghadirkan Prof. H. Rasyid Thaha, M.Si sebagai narasumber.
Prof. H. Rasyid Thaha, M.Si merupakan Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah (LPOD) Sulawesi Selatan.

Selain Bimtek Sinkronisasi Perencanaan Desa dan Perencanaan Kabupaten Dalam Konteks Pembangunan Desa, Dinas PMD Kabupaten Luwu Timur juga menggelar Bimtek Ketua Tim Penggerak PKK Desa tentang Optimalisasi Peran TP- PKK Desa dalam Penanggulangan Stunting, Pencegahan Pernikahan Usia Anak dan Tata Kelola Dasa Wisma dengan menghadirkan pemateri Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur Hj. Sufriaty Budiman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here