Kadis DLH Palopo Ajak Masyarakat Aktif Soal Pencegahan Polusi Plastik 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo gelar Karnaval/Kampanye Diet Plastik di di Taman Nol Kilometer Kota Palopo, Minggu (18/6/2023).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo gelar Karnaval/Kampanye Diet Plastik di di Taman Nol Kilometer Kota Palopo, Minggu (18/6/2023).

Plt. Kadis Lingkungan Hidup Kota Palopo Bapak Emil Nugraha, S.STP., MM menyampaikan, pelaksanaan karnaval merupakan rangkaian acara hari lingkungan hidup Se – Dunia.

Karnaval/Kampanye ini diikuti oleh 18 SD yang masing-masing diwakili oleh 3 orang siswa dan 8 SMP yang diwakili masing-masing 5 orang siswa serta komunitas pemerhati lingkungan.

“Pakaian yang dikenakan oleh peserta Karnaval ini merupakan pakaian yang ramah lingkungan. Kami ingin mengajak masyarakat untuk aktif dalam pencegahan polusi sampah plastik,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza. DP, SH., M.Si menyampaikan persoalan lingkungan hidup, baik yang berada di darat, laut, udara adalah persoalan yang harus dihadapi bersama.

Karena dengan terganggunya lingkungan hidup disekitar kita akan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan kita sehari-hari.

“Oleh sebab itu dengan berbagai kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup oleh semua pihak dapat menangkal persoalan-persoalan lingkungan yang kita hadapi, salah satunya adalah sampah plastik. Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas diseluruh dunia,” jelasnya.

Mantan Kepala Bapeda Kota Palopo ini menjelaskan, kegiatan ini merupakan kampanye agar seluruh masyarakat bijak dalam menggunakan dan membuang sampah plastik.

Bahan plastik yanggunakan sehari-hari dengan berbagai keperluan ternyata tidak bisa larut dalam seketika, tetapi membutuhkan waktu lama.

“Perlu diketahui bersama sampah di Kota Palopo ini kurang lebih 100 Ton/hari dan 35% diantaranya adalah sampah plastik. Tidak henti-hentinya kami menyampaikan bahwa mari kita bersama mengurangi penggunaan sampah plastik,” jelasnya.

Turut Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo, Para pemerhati lingkungan serta tamu undangan peserta karnaval.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here