Kelompok Tani di Luwu Utara Cerdas Cermat, Indah Putri Serahkan Penghargaan Ini

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memberikan penghargaan kepada DPP Konstra Tani terbaik saat menghadiri cerdas cermat di Gedung Cagar Budaya Onderafdeling Masamba, Minggu (14/8/2022).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Kelompok Tani Se – Kabupaten Luwu Utara mengikuti cerdas cermat di Gedung Cagar Budaya Onderafdeling Masamba, Minggu (14/8/2022).

Disela pembukaan acara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani memberikan penghargaan kepada DPP Konstra Tani terbaik tahun 2022. Yaitu Kecamatan Bone-Bone, Kecamatan Rongkong dan Kecamatan Sukamaju Selatan.

Ketua Panitia Cerdas Cermat Made Sudana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani sebagai pelaku utama dalam meningkatkan produksi dan produktivitas.

“Juga sebagai wahana bagi petani untuk melakukan konsolidasi pengembangan diri, tukar pikiran, menukar informasi, menjalin kemitraan serta sebagai bentuk pembelajaran mengasah pengetahuan petani dalam bidang pertanian dan pengetahuan umum,” jelasnya.

Peserta kegiatan ini berasal dari 14 BPP Kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menjelaskan, lomba asah terampil yang kembali di lakukan oleh Dinas Pertanian menguji seberapa besar dampak dari program-program terkait.

Dengan pengembangan kompetensi sumber daya manusia khususnya disektor pertanian termasuk petani andalan kita dan kelompok wanita tani.

“Banyak sekali program terkait penguatan sumber daya manusia selain penguatan kelembagaan. Kita ketahui sumber daya alam yang melimpah tidak ada artinya jika sumber daya manusianya tidak siap mengelolanya dengan bijak,” paparnya.

Indah mengatakan, ini dibuktikan dengan kontribusi kepada PDRB Kabupaten Luwu Utara sampai dengan 49,04 persen.

Artinya sektor pertanian berkontribusi menyumbang PDRB hampir 50 persen.

“Oleh karena itu, pantaslah jika semua pimpinan hadir memberikan dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan disektor pertanian karena merekalah yang menjadi tulang punggung kita,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here