Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo Apresiasi Komitmen Indah Putri

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menghadiri rapat monitoring da evaluasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bertempat di Aula Lagaligo kantor Bupati Luwu Utara, Rabu (13/12/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menghadiri rapat monitoring da evaluasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) bertempat di Aula Lagaligo kantor Bupati Luwu Utara, Rabu (13/12/2023).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo, Makmur mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut daripada monev Kejaksaan Tinggi di bulan september lalu.

Selain itu lanjut Makmur, kegiatan ini di harapkan mampu memberi pemahaman bahwa kehadiran program ini benar memberikan manfaat kepda masyarakat.

“Sama-sama kita saksikan, dari Januari hingga Desember, BPJS Ketenagakerjaan telah mencairkan sampai Rp 3 miliar lebih santunan kepada peserta, selain itu kehadiran program ini Juga memberi manfaat berupa pencegahan garis kemiskinan baru karena adanya jaminan sosial yang di hadirkan,” jelasnya.

Makmur juga sangat mengapresiasi langkah dan komitmen pemerintah daerah dalam merealisasikan Inpres Nomor 2 Tahun 2021.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Ibu Bupati Luwu Utara yang telah menganggarkan 13.774 jiwa untuk mendapatkan jaminan sosial, hal ini tentu bukanlah hal yang mudah, olehnya itu kami sangat mengapresiasi langkah ini,” bebernya.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan terkait BPJS Ketenagakerjaan untuk Luwu Utara sudah terdata 53,05 % tentu sisanya ini akan menjadi bagian dan tanggungjawab kita untuk bagaimana mendorong atau mendukung kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut Indah membeberkan bahwa Terhitung sejak Januari hingga Desember 2023, BPJS Ketenagakerjaan melaporkan telah menyalurkan santunan sebesar Rp. 3.841.702.550,- kepada ahli waris penerima program Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, juga Beasiswa Pendidikan bagi anak yang ditinggalkan oleh penerima program.

“Secara simbolis tadi telah kita serahkan santunan kepada 16 orang ahli waris untuk periode bulan ini. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa betapa program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Jika melihat manfaatnya, saya yakin tidak ada lagi keraguan bagi kita untuk menjadi peserta,” kata isteri dari anggota DPR-RI Fraksi Golkar, Muhammad Fauzi ini.

Indah Putri menambahkan, selain untuk diri sendiri, kita juga bisa memberi perlindungan kepada orang lain disekitar kita dengan mendaftarkannya pada program BPJS ketenagakerjaan.

“Tidak hanya secara mandiri tetapi kita juga bisa memberi perlindungan pada orang lain di rumah atau diluar rumah, seperti supir atau asisten rumah tangga kita,” tambahnya.

Lanjutnya, hadirnya beasiswa pendidikan anak, santunan yang didapat oleh ahli waris dari program ini dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha, olehnya itu kita minta semua desa wajib untuk segara memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang ada di desa.

“Kita tidak tahu yang namanya musibah, setidaknya kita telah berupaya maksimal dalam memberikan jaminan sosial kepada masyarakat kita,” tutupnya. (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here