Ketua dan Pengurus PKK Lutim Ikuti Rapat Monitoring Imunisasi ASIK Tingkat Sulsel

Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Ketua Bidang I Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Lutim, Arbiyanti Febthavia mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) imunisasi melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) tingkat Sulsel secara virtual

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Ketua Bidang I Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Lutim, Arbiyanti Febthavia mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) imunisasi melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) secara virtual yang berlangsung di aula Rumah jabatan Bupati (Rujab) Lutim, Senin (30/10/2023).

Kegiatan yang dibuka oleh Pj. Ketua TP PKK, Sofha Marwah Bahtiar ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten/kota se-Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/kota, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/kota, Kepala Puskesmas Kabupaten/kota, Pengelola Imunisasi Kabupaten/kota dan Mitra Pembangunan WHO termasuk Kabupaten Lutim.

Pj. Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar mengatakan bahwa, tahun ini pencatatan dan peloporan kebijakan telah berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi ASIK, sehingga cakupan Sehat IndonesiaKu dapat dilihat berdasarkan aplikasi tersebut.

“Sampai tanggal 27 Oktober 2023 ini, cakupan HPL Selawesi Selatan telah mencapai 26,10%, cakupan ini menempatkan Sulawesi Selatan turun ke posisi 3,” kata Sofha Marwah Bahtiar.

Oleh karena itu, Sofha Marwah Bahtiar mengajak ketua TP PKK Kabupaten/kota untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar terutama pada balita.

“Alhamdulillah, pertanggal 27 Oktober 2023 telah ada kabupaten yang mencapai posisi yaitu Kabupaten Pinrang, sementara kabupaten Sidrap, Soppeng, Bantaeng, Pangkep, Bone, Takalar telah mencapai target HPL di bulan Oktober yaitu 83,3%,” jelas Pj. Ketua TP PKK Sulsel.

“Ini tentunya memberikan semangat kita semua untuk semakin terpacu memberikan yang terbaik kepada anak kita salah satunya dengan memberikan imunisasi,” tambahnya.
Terakhir, Pj. Ketua TP PKK Sulsel mengharapkan Dinas Kesehatan, stakholder maupun yang terlibat untuk memantau pelaksanaan imunisasi melalui aplikasi ASIK, sehingga orang tua bisa memastikan anak-anak mendapatkan imunisasi.

“Saya berharap Kepada TP PKK Se-Sulawesi Selatan, tidak hanya memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya imunisasi, tetapi hal ini bisa kita wujudkan dengan gerakan-gerakan dari PKK dalam sasaran imunisasi dan mengatur orang tua untuk datang membawa anaknya ke posyandu dan pos-pos imunisasi,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here