Ketua Dekranasda Lutim Hadiri HUT Dekranas di Kota Medan

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Luwu Timur, Hj. Sufriaty menghadiri HUT Dekranas ke-43 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Kota Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/5/2023).

LINISULSEL.COM, MEDAN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Luwu Timur, Hj. Sufriaty menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 yang digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Kota Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/5/2023).

Acara yang mengangkat tema “Wirausaha Baru Tercipta Perajin Berjaya” dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’aruf Amin, yang dihadiri Ibu Negara RI selaku Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian beserta pengurus.

Ketua Dekranasda Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution beserta Wali Kota Medan, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama, Ketua Dekransda Provinsi, Kabupaten/kota se-Indonesia beserta jajaran pengurus.

Dalam sambutannya, Ketua umum Dekranas, Wury Ma’aruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Dekranas dan Dekranasda baik di tingkat pusat maupun di tingkat provinsi, kabupaten/kota yang telah hadir pada HUT Dekranas yang ke 43.

“Harapan kita semua, diusia yang bertambah ini, Dekranas semakin produktif, semakin besar peran dan pengabdiannya untuk para pengrajin, masyarakat, bangsa dan negara tercinta Indonesia,” kata Wury Ma’aruf Amin.

Lebih lanjut Wury Ma’aruf Amin menjelaskan bahwa, di usia 43 tahun merupakan perjalanan panjang yang telah dilalui Dekranas dalam mengangkat potensi kerajinan nasional.

Telah banyak upaya Dekranas untuk mewujudkan visinya sebagai lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia sejak berdirinya pada tanggal 3 Maret 1980.

“Berbagai program kerja maupun kegiatan pembinaan yang dilakukan, baik Dekranas maupun Dekranasda telah mendedikasikan demi mengangkat kesejahteraan para perajin,” ucap Ketua Umum Dekranas.

“Disatu sisi, kita menyadari bahwa keberadaan pengrajin dibeberapa daerah mulai berkurang. Hal ini tidak terlepas dari belum berjalannya regenerasi perajin dengan baik,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa, Dekranas selalu menjadi wadah dalam melakukan penumbuhan dan pembinaan terhadap pelaku usaha UMKM atau IKM khususnya sektor kerajinan agar bisa mendorong terciptanya wirausaha baru yang semakin tumbuh dan maju, sehingga dapat kembali bangkit dan berjaya terutama setelah melewati masa pandemi ini.

“Jadi diharapkan kegiatan-kegiatan Dekranas dapat terus dijalankan secara berkesinambungan, sehingga pengrajin kita semakin berdaya saing dan produk-produk kerajinan nusantara berbasis warisan tradisi dan budaya bangsa serta diminati masyarakat,” harap Wury Ma’aruf Amin.

“Semoga kedepan kita semakin bersemangat dalam mengangkat dan menghidupkan kerajinan nusantara ,” tutupnya.

Turut hadir bersama Ketua Dekranasda Lutim, Kadis Disdagkoprinum sekaligus Ketua Harian Dekranasda Lutim, Senfry Oktavianus, Kabid perindustrian beserta pengurus Dekranasda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here