Ketua Kwarda Pramuka Sulsel Hadiri Pembukaan Persami Saka Wira Kartika di Maros

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel Adnan Purichta Ichsan yang juga Bupati Gowa (kiri depan) menghadiri Pembukaan Persami Saka Wira Kartika di Maros, Sabtu (3/2/2024).

LINISULSEL.COM, MAROS – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan (Sulsel) Adnan Purichta Ichsan meminta gerakan Pramuka makin intens dilakukan agar pembinaan kepada seluruh anggota Pramuka berjalan baik ke depan.

“Pramuka harus intens bergerak sebagai wadah pembinaan calon-calon pemimpin berkharisma dan berwibawa,” kata Bupati Gowa ini saat menghadiri pembukaan Persami Saka Wira Kartika Tahun 2024, di Bumi Perkemahan Maros, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sabtu (3/2/2024).

1.200 Peserta Ikut Serta pada kegiatan perkemahan Pramuka SWK Terpusat Tingkat Kodam XIV/HSN TA 2024 dan Korem dalam rangka Penguatan Kegiatan Binter dan dilaksanakan melalui kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang bertujuan membina dan meningkatkan (SDM) generasi muda anggota Pramuka.

Pembukaan Persami Saka Wira Kartika ini ditandai dengan upacara bersama dipimpin Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir selaku komandan upacara.

Dalam kesempatan menjadi komandan upacara, Dandim Gowa mengaku merasa senang mendapatkan perintah atasan untuk memimpin upacara tersebut.

“Perkemahan dua hari ini diikuti para anggota Pramuka dari lingkup kepanduan TNI dari seluruh wilayah teritorial Kodam XIV Hasanuddin. Tim kepanduan Saka Wira Kartika dari Kodim Gowa juga ikut dan suasana persami ini sangat penuh keakraban sesama anggota Pramuka,” kata Dandim Gowa.

Persami Saka Wira Kartika yang mengusung tema ‘Bersatu dengan Alam Rehabilitas Kawasan Hutan dan Lahan Basah’ ini di diselenggarakan secara nasional. Dan khusus di lingkup Kodam XIV Hasanuddin Sulsel digelar di Kabupaten Maros.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun dalam kegiatan tersebut tampil gagah sebagai pembina upacara.

“Kegiatan ini adalah inisiasi dari Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) yang dilaksanakan di 38 Provinsi secara serentak. Jadi ini merupakan inisiasi dari bapak KASAD yang dilaksanakan di 38 Provinsi. Untuk jajaran Kodam XIV Hasanuddin kita melibatkan adik-adik Pramuka dari tiga kabupaten kota yakni Makassar, Maros dan Gowa. Semoga kegiatan Persami ini menjadi ajang saling sharing, saling silaturahmi dan saling mengeratkan NKRI,” kata Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun.

Mayjen TNI Bobby menjelaskan, tujuan dari kegiatan Persami ini adalah pengembangan kegiatan pendidikan di bidang kepramukaan seperti untuk pengembangan karakter, keterampilan dan sikap kepemimpinan siswa-siswi anggota Pramuka yang ikut didalamnya.

Dalam Persami ini, selain kegiatan berkemah, juga dirangkai dengan aksi bakti sosial pemberian paket sembako, pengobatan massal, donor darah dan penanaman pohon. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here