Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Luwu Utara Pelatihan Pengasuhan Positif Berbasis Anak

Ketua TP-PKK Kecamatan, Desa, Kader KB Se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti pelatihan pengasuhan positif berbasis hak anak di Aula Bappaelitbangda Kabupaten Luwu Utara, Senin (31/10/2022).

LINISULSEL.COM,PALOPO – Ketua TP-PKK Kecamatan, Desa, Kader KB Se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti pelatihan pengasuhan positif berbasis hak anak di Aula Bappaelitbangda Kabupaten Luwu Utara, Senin (31/10/2022).

Kepala Dinas DP3AP2KB Andi Zulkarnain menjelaskan, tujuan kegiatan untuk meningkatnya SDM peserta/kader terkait pengasuhan positif berbasis hak anak. Terpenuhinya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dalam keluarga serta adanya fasilutator ditingkat desa yang mampu melakukan edukasi kepada keluarga.

“Terimakasih juga kepada fasilitator dari famili save the children jakarta yang telah berkontribusi,”jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kab. Luwu Utara Ir. H. Armiadi mengatakan, kebijakan Pemda Kabupaten Luwu Utara untuk mendukung pemenuhan hak anak yakni ditetapkan perda nomor 3 tahun 2017 tentang penyelenggaraan perlindungan anak.

“Maka sangat diharapkan pemenuhan hak dan perlindungan anak dapat dioptimalkan baik ditingkat kecamatan maupun desa/kelurahan. Anak-anak adalah aset kita investasi kita yang harus kita jaga dan lindungi untuk masyarakat bangsa dan negara kelak,”jelasnya.

Sekda menjelaskan,anak adalah pewaris dan pelanjut kehidupan dan anak salah satu entitas sosial yang wajib mendapat perlindungan dan pemenuhan haknya. Pendidikan terbagi menjadi pendidikan formal l, informal dan non formal. Pendidikan informal sangat penting bagaimana peran ayah dan ibu untuk mendidik anak dirumah karena benteng utama ada di rumah tangga yang harus diperkuat.

“Pemda telah membentuk pusat pembelajaran keluarga atau Puspaga hingga ketingkat desa dan kelurahan untuk layanan konsultasi untuk disebarluaskan, olehnya Puspaga membutuhkan SDM yang terampil dan terlatih tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak. Saya berharap kehadiran kita hari ini bukan hanya menghadiri tetapi outcome nya benefitnya bahkan  ke impact kegiatan ini, tolong disampaikan ke ibu desa, dasawisma, kader pkk dapat kita wujudkan,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here