Kolaborasi Mahasiswa, 33 Dosen IAIN Palopo Pengabdian Masyarakat di Mungkajang

Mahasiswa Bersama Dosen IAIN Palopo Menjalankan Program Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Mungkajang.

LINISULSEL.COM, PALOPO – Sebanyak 33 Doen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis Asset Based Community Development (ABCD) atau Pengembangan Komunitas Berbasis Aset di Kelurahan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo mulai, 24-26 Januari 2022.

Pengabdian ini dikoordinatori Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Palopo, Dr. Masruddin, M.Hum.

Dia mengatakan pengabdian ini berkolaborasi dengan mahasiswa IAIN Palopo sebanyak 20 orang dan dua orang dari dosen Universitas Andi Djemma.

Ada 3 sub tema pengabdian yang dilakukan. Pertama Fun with English for children, kedua Penyuluhan kesehatan dan kebersihan, literasi digital, Literasi Hukum dan kelas Inspirasi dan ketiga Pengenalan Cerita Rakyat Luwu untuk anak-anak.

“Pada hari pertama kami melakukan pemetaan aset wilayah, dengan wawancara mendalam pada masyarakat dan memberi pendampingan terkait sub tema tersebut. Hari terakhir kelas inspirasi di SDN 39 Kambo,” ucap Masruddin.

Masruddin berharap dengan melakukan pengabdian ini dapat memberi kontribusi dan support pada masyarakat Kambo terkait desa wisata agar lebih dikenal baik nasional maupun internasional.

“Pengabdian berbasis ABCD ini juga salah satu metode penelitian yang berkelanjutan di masyarakat,” imbuhnya.

Asriani, SPd, salah satu guru SDN 39 Kambo, merasa sangat senang atas kedatangan dosen IAIN Palopo melakukan pengabdian dengan berbagai program.

“Kami sangat senang atas kedatangan dosen IAIN Palopo melakukan pengabdian, dari programnya sangat memberi kontribusi positif bagi masyarakat Kambo, salah satunya pelajaran bahasa inggris di sekolah, anak-nank jadi antusias dan termotivasi” ungkap Asriani. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here