Kuliah Umum Fakultas Kehutanan Universitas Andi Djemma, Hadirkan Narasumber Professor dari Jerman

Fakultas Kehutanan Universitas Andi Djemma telah melakukan kuliah umum yang di gelar di Guest House Cafe & Resto Unanda, Rabu (26/6/2024).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Fakultas Kehutanan Universitas Andi Djemma telah melakukan kuliah umum dengan tema expedition to Sulawesi- into the center of a global Biodiversity Hotspot.

Narasumber kuliah umum berasal dari Jerman yang merupakan peneliti dan juga dosen, Dr. Andè Koch (Biohistoricum at Museum Koenig Bonn, Leibniz Institute for The Analysis of Biodiversity Change, Bonn) dan Prof. Dr. Peter Uetz (Center for Biological Data Science, Virginia Commonwealth University, Ricmon Virginia).

Kuliah umum tersebut dihadiri 100 mahasiswa(i) Unanda yang di gelar di Guest House Cafe & Resto Unanda, Rabu (26/6/2024).

Turut Hadir Wakil Rektor IV, Dr. Abdul Rahman Nur didampingi Dekan Fakultas Kehutanan, Witno, S.Hut., M.Si.

Sebagai ilmuan yang fokus pada keanekaragaman hayati seperti reptil, sehingga pada kesempatan ini banyak berbagi informasi terkait jenis reptil, kadal, ular dan -lain-lain.

Begitu pula dengan jenis satwa endemik yang ada di Sulawesi dan sebarannya.

Sebaran hotspot biodiversity di dunia, termasuk di Indonesia, dan salah satu yang dibahas adalah hotspote walacea region.

Prof. Peter. Selanjutnya, membahas mengenai pengaruh menurunnya jumlah populasi keanekaragaman hayati yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah populasi penduduk global.

Selanjutnya, oleh Dr. Andre memberikan pembahasan terkait database reptil dan cara mengindentifikasi reptil melalui foto.

Beberapa specimen yang mereka tampilkan adalah beberapa spesies endemik yang ada di Sulawesi dan beberapa wilayah di asia.

Pada sesi diskusi turut aktif mahasiswa bertanya terkait peran pemerintah dalam mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati yang ada.

Fakultas Kehutanan dari KPH Latimojong dan KPH Lamasi, serta mahasiswa dan dosen dari lingkup Agrokompleks : Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan.

Hari yang sama, kedua narasumber berkesempatan untuk berkunjung lokasi Calon Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Unanda yang ada di Battang.

Harapan dari pertemuan ini, semoga kedepannya jalinan kerjasama terutama dalam bidang penelitian dan pendidikan berjalan lancar dan bisa melahirkan peluang kerjasama yang baik.

Kegiatan berjalan lancar dan ditutup dengan foto bersama. (*)

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang ketiga (3) Tahun Akademik (TA) 2024/2025 Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo
Pilihan Program Studi Universitas Andi Djemma

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here