Kunjungi Korban Kebakaran, BupatI Lutim Ajak Warga Gotong Royong Membantu

Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, dr. Adnan dan Camat Malili, Nasir, mengunjungi warga korban kebakaran di Dusun Mallusetasi, Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kamis (14/9/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, dr. Adnan dan Camat Malili, Nasir, mengunjungi warga korban kebakaran di Dusun Mallusetasi, Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kamis (14/9/2023).

Satu unit rumah dan satu bangunan tempat penyimpanan peralatan usaha yang hangus terbakar tersebut merupakan milik bapak Syarif dan Ibu Nurandah.
Sementara bangunan tempat menyimpan alat usaha berupa dekor TT. Projek yang merupakan milik anaknya yakni Jalil.

Dalam kunjungannya, Bupati mengaku prihatin atas musibah kebakaran tersebut, sembari berharap agar para korban diberikan kesabaran oleh Allah SWT.

“Saya hadir di Desa Balantang ini karena saya mendengar bahwa kemarin ada rumah warga kita yang kebakaran. Ini wujud kita sebagai bagian dari masyarakat, minimal bisa meringankan beban korban,” kata Budiman saat dikonfirmasi.

Iapun mengimbau masyarakat bahwa, karena ini dampak kekeringan tetap waspada terkait dengan bahaya kebakaran, dan pastikan semua dirumah aman, colokan serta kelistrikan.

“Saya minta semua partisipasi masyarakat jika ada keluarga kita yang susah, berduka, mari kita gotong royong untuk membantu mereka,” pintanya.

Bupati menilai bahwa, ini bagian dari upaya bahwa kita di Luwu Timur dalam menjalin kebersamaan. “Insha Allah pemerintah daerah juga akan membantu, disini juga ada Vale dan Insha Allah mereka juga akan bantu bagaimana meringankan beban masyarakat yang lagi kena musibah,” tambahnya.

“Beliau ini adalah sahabat saya, jadi saya berharap bapak bersabar karena ada janji Allah dibalik sebuah musibah yang menimpa kita. Mudah-mudahan ini bisa dipahami dan bersabar atas ujian dan cobaan ini,” ucap Budiman menghibur bapak Syarif.

Sementara Camat Malili, Nasir, sekaligus Plt. Kepala Desa Balantang mengungkapkan bahwa, kebakaran ini terjadi kemarin (13/09/2023) sekitar pukul 17.00 Wita, dan berdasarkan hasil koordinasi dengan Polsek semalam, ini disebabkan karena adanya konsleting listrik dibagian tengah rumah tersebut.

“Saat terjadinya kebakaran tersebut, secara sigap Tim Pemadam Kebakaran dari Pemda segera datang untuk memadamkan, dan Alhamdulillah yang terbakar hanya 1 rumah yang didalamnya ada 2 KK dan 1 ada bangunan untuk penyimpanan peralatan usaha (dekor). Dan Berdasarkan estimasi tadi malam bersama bapak Kapolsek dan Timnya dan wawancara dari pemilik rumah, kerugian akibat kebakaran ini sekitar Rp. 100 juta lebih,” ungkap Nasir. (*)

Camat Malili menjelaskan, pasca kebakaran ini, pihak pemerintah desa dan Kecamatan Malili juga sudah mencoba melakukan recovery terhadap keluarga yang trauma ini, mereka sudah dibawa ke puskesmas kemarin untuk mengobati luka bakar yang ada di kedua tangan ibu Nurandah.

“Kami juga bersama masyarakat Desa Balantang telah membujuk korban untuk tinggal sementara di Pustu Desa Balantang tapi karena beliau menolak dan lebih senang untuk tinggal sementara di rumah keluarganya,” tutur Plt. Kades Balantang ini.

“Kami dari pemerintah tetap turut prihatin dan tetap melakukan recovery terhadap psikologi mereka secara fisik dirumahnya. dan Insha Allah nanti sesuai perintah bapak Bupati tadi, saya disuruh negosiasi dengan pemilik tanah, kemudian kalau ada tanah murah kita coba negosiasi juga dan harapan kita mari saling membantu kepada keluarga kita yang kena musibah, mudah-mudahan bisa kita ringankan bebannya dan mudah-mudahan ada nanti ruang tempat tinggal buat keluarga pak Jalil ini,” jelas Nasir. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here