Kunjungi Luwu Utara, Pj Ketua PKK Sulsel Ingatkan 10 Program Pokok PKK

Pj Ketua PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar saat melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sabtu (4/11/2023).

LINISULSEL.COM, LUWU UTARA – Penjabat (Pj) Ketua PKK Sulawesi Selatan (Sulsel) Sofha Marwah Bahtiar berharap wadah PKK menjadi ruang belajar dan ruang berkarya bagi setiap anggota dan kader secara dinamis dan berkelanjutan sehingga pengelolaan pergerakan kita akan agar lebih berdampak dan secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Sofha Bahtiar saat melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sabtu (4/11/2023).

Sofha Bahtiar menjelaskan, PKK sudah saatnya menjadi basis pergerakan pemberdayaan perempuan dengan menguatkan peran keluarga sebagai ruang pertama interaksi sosial di mana peran seorang ibu menjadi tokoh sentral dengan peran terbesar di dalamnya.

“Untuk itu, revitalisasi fungsi dan peran PKK perlu terus di lakukan dengan meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan melalui manajemen dan sumber daya manusia yang berkompeten,” kata Sofha Bahtiar.

Saat ini lanjut Shofa Bahtiar, dirinya menginginkan agar wadah PKK menjadi ruang belajar dan ruang berkarya bagi setiap anggota dan kader secara dinamis dan berkelanjutan sehingga pengelolaan pergerakan kita akan agar lebih berdampak dan secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Kehadiran saya untuk membangun komitmen bersama dalam mensinergikan program pemerintah dengan 10 program pokok PKK sesuai rencana induk dan rencana strategi Gerakan PKK hasil Rakernas IX tahun 2021, dan tentunya turut andil dalam merealisasikan program prioritas Pj Gubernur Sulawesi Selatan, meliputi, Pencegahan Perkawinan Anak, Penanganan Stunting dan Gizi Buruk, Pengentasan Kemiskinan Ekstrim, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan, TP PKK sebagai mitra Pemerintah sangat strategis dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan baik di tingkat Pusat maupun di tingkat daerah, oleh karena itu kolaborasi Program PKK dengan OPD terkait sebagai upaya dalam percepatan pelaksanaan pembanguan menuju keluarga berkualitas.

Dukungan Pemda Lutra untuk mengawal 10 program PKK, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai di tingkat des Kelurahan untuk diselaraskan, disinkronkan dengan program OPD terkait sesuai tugas fungsinya mulai penguatan kelembagaan, membangun kerjasama dalam bentuk MoU dengan berbagai pihak, pelaksanaan program kegiatan serta Inovasi OPD terkait yang melibatkan unsur PKK khususnya percepatan penurunan angka Stunting dan percepatan penurunan perkawinan anak di Kabupaten Luwu Utara,” jelas Indah Putri

Selaku Pembina TP PKK Kabupaten Luwu Utara, Indah mengaku akan terus memantau perkembangan 10 program PKK di Kabupaten Luwu Utara sesuai program prioritas PKK mulai unsur Sekretariat, Pokja I-IV.

“Pada kesempatan ini pula kami ucapkan terima kasih atas dukungan program Pemprov Sulsel melalui bantuan program PKK di Kabupaten Luwu Utara. Semoga secara berkesinambungan Kabupaten Luwu Utara menjadi Lokus sasaran penerima bantuan Program TP PKK Kabupaten Luwu Utara,” tutur istri anggota DPR RI, Muhammad Fauzi itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here