Lestarikan Lingkungan, Perumda Tirta Mangkaluku Palopo Kolaborasi Mapala Unanda Tanam Bibit Pohon Jengkol

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo bersama Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Palopo melakukan penanaman 100 bibit pohon jengkol di Bantaran Sungai Intek Mangkaluku, Selasa, (16/1/2024).

LINISULSEL.COM, PALOPO – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo bersama Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Palopo melakukan penanaman 100 bibit pohon jengkol di Bantaran Sungai Intek Mangkaluku, Selasa, (16/1/2024).

Sungai Mangkaluku terletak di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, yang merupakan salah satu sumber air bersih Perumda TM Palopo.

Direktur Operasional Perumda TM, H. Hamid ST mengatakan bahwa penanaman bibit pohon jengkol ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan sekaligus menjaga lingkungan agar tetap asri.

“Jadi saat ini kami dari Perumda TM Kota Palopo berkolaborasi dengan teman-teman dari Mapala Unanda telah berada di Intek Mangkaluku untuk melakukan penanaman 100 bibit pohon jengkol,” kata Hamid kepada Media di lokasi kegiatan.

Ia menambahkan bahwa selain bertujuan untuk melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah untuk penyerapan air dari pohon tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala Unanda, Andi Naufal Muflih mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Sitammu Lintas Alam (Silatnas) yang telah diselenggarakannya seminar lingkungan hidup pada Senin, 15 Januari 2024 kemarin.

“Saya berharap semoga kegiatan ini kita jadikan sebuah ajang yang dimana kita bersama-sama melakukan penanaman bibit pohon untuk melestarikan lingkungan hidup di Kota Palopo,” ucap Naufal.

Adapun jarak yang diberikan untuk penanaman bibit pohon jengkol ini yaitu berjarak empat meter dengan panjang lokasi penanaman sekitar satu kilometer. Selain berfungsi menahan banjir dan erosi, pohon jengkol juga memiliki nilai manfaat dari buahnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 1 = 1