Membanggakan, AKBP Safi’i Nafsikin: Membawa Inkanas Polres Palopo ke Kancah Internasional

AKBP Safi’i Nafsikin, SH, S.IK, MH, foto bersama Inkanas Polres Palopo pra usia dini hingga kadet. (ist)

LINISULSEL.COM, PALOPO – Di tengah kesibukannya sebagai Kapolres Kota Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin, SH, S.IK, MH, telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mendukung dan membina para atlet karate di daerahnya.

Perhatian dan komitmennya terhadap pengembangan olahraga, khususnya di bawah naungan Institut Karate-do Nasional (Inkanas) Polres Palopo, telah menginspirasi banyak pihak dan menghasilkan prestasi membanggakan.

Pada tanggal 4-6 Juli 2024, JK Arenatorium GOR Unhas di Jalan Politeknik, Kota Makassar, menjadi saksi keberhasilan besar yang diraih oleh Inkanas Polres Palopo dalam ajang bergengsi Open Internasional Karate Championship Piala Presiden RI I Tahun 2024.

Kejuaraan yang dibuka oleh Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Surono S.Pd., M.Pd., serta Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Amran Aris Sallo mewakili Pangdam, ini diikuti oleh 46 klub karate dari seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 2.216 atlet.

Inkanas Polres Palopo berhasil menempati peringkat ke-10 dalam kejuaraan tersebut, dengan raihan 2 medali emas dan 6 medali perunggu.

Prestasi ini semakin gemilang dengan perolehan medali di kelas festival pra usia dini hingga kadet, yaitu 17 medali emas dan 17 medali perak.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran besar AKBP Safi’I Nafsikin. Di bawah kepemimpinannya, Inkanas Polres Palopo tidak hanya fokus pada teknik dan fisik para atlet, tetapi juga pada pembentukan karakter dan mental juara.

“Kami percaya bahwa melalui karate, kami dapat membangun generasi muda yang tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga memiliki disiplin dan integritas tinggi,” ujar AKBP Safi’I.

Dengan pencapaian ini, AKBP Safi’I Nafsikin telah membuktikan bahwa dengan dedikasi dan kerja keras, prestasi gemilang dapat diraih.

Keberhasilan Inkanas Polres Palopo dalam Open Internasional Karate Championship Piala Presiden RI I Tahun 2024 merupakan bukti nyata dari komitmen dan kepemimpinan beliau dalam mendukung pengembangan olahraga karate di Kota Palopo.

“Kami akan terus berusaha dan bekerja keras untuk membawa nama Polres Palopo dan Indonesia ke kancah internasional,” tegas AKBP Safi’I dengan penuh semangat.

Gerhany Djafar, Sekretaris Inkanas Kota Palopo, juga mengungkap betapa besar dampak dukungan yang diberikan oleh AKBP Safi’I.

“Kami sangat merasakan dampak dukungan dari sosok ketua Inkanas Kota Palopo, dukungan tersebut berupa fasilitas tempat latihan dan dukungan pembiayaan untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan karate. Tanpa dukungan tersebut, pencapaian kami tidak akan seoptimal ini,” ungkap Gerhany dengan penuh syukur.

Semangat dan dedikasi AKBP Safi’I dalam memajukan olahraga karate di Polres Palopo telah membawa dampak positif yang signifikan.

Kiprah AKBP Safi’I Nafsikin dalam membina para atlet karate ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pemimpin lainnya untuk lebih memperhatikan dan mendukung pengembangan olahraga di daerah masing-masing.

“Beliau secara rutin mengadakan pelatihan dan pembinaan bagi para atlet, memastikan bahwa mereka mendapatkan dukungan penuh untuk mengembangkan bakat dan kemampuan mereka. Tidak hanya itu, AKBP Safi’I juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan, menjadikan beliau sosok pemimpin yang sangat dihormati dan dicintai oleh masyarakat Palopo,” katanya.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, tidak diragukan lagi bahwa di bawah bimbingan AKBP Safi’I Nafsikin, Inkanas Polres Palopo akan terus mencetak atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here