Mikom 2022 FPs Unifa Sukses Seminar Karya Ilmiah, Usung Tema “Communication For Impact In Bussiness”

Mahasiswa Prodi Mikom angkatan 2022 Fakultas Pascasarjana Universitas fajar (FPs Unifa) foto bersama Dosen Pengampun, Dr. Muhammad Asdar M.Si, Sabtu (27/1/2024).

LINISULSEL.COM, MAKASSAR – Kelompok sesi 2 Mahasiswa Program studi (Prodi) Magister ilmu komunikasi (Mikom) angkatan 2022 Fakultas Pascasarjana Universitas fajar (FPs Unifa) sukses menggelar Seminar Karya Ilmiah dengan mengusung tema “Communication For Impact in Bussiness” di Arma Cafe jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Sabtu (27/1/2024).

Seminar karya ilmiah ini terbagi menjadi 2 kelompok dan sesi pertama dimulai pukul 10:00 – 12:00 kemudian di lanjutkan sesi kedua pada pukul 14:00 sampai 16:00.

Terdapat lima pembicara atau pemateri dari setiap kelompok, antara lain, Nunung Misran, S.AN selaku ketua kelompok, Muhammad Aras Setiawan, S.Kom, Gabriella Valentine Gosal, S.M, Dahlia, S.I.Kom dan Wahyuni Sangadji, S.l.Kom

Adapun kelima pemateri dengan materi masing-masing antara lain :

Nunung Misran, S.AN dalam pemaparannya mengangkat materi berjudul Transformasi Humas Perguruan Tinggi di Era Disruptif 4.0.

Wahyuni Sangadji, S.l.Kom dengan materi “Peran Head Marketing dalam Pre Opening Perusahaan”

Muhammad Aras Setiawan, S.Kom dengan materi “Tantangan Bisnis Starup”

Gabriella Valentine Gosal, S.M dengan materi “Komunikasi Marketing terhadap Success Rate Closing”

Dahlia, S.I.Kom dengan materi “Strategi Marketing dalam meningkatkan Penjualan di Perusahaan Starup”

Kelima pemateri tersebut memaparkan materinya masing-masing di hadapan Dr. Muhammad Asdar M.Si selaku Dosen Pengampun dan Haeril Al Fajri, S.Sos., M.M, Direktur Mind & Mahasiswa Magister Bussines Administration Portman Collage Malaysia sebagai akademic panel yang hadir secara virtual, peserta tamu serta undangan dan media partner.

Mahasiswa Prodi Mikom angkatan 2022 Fakultas FPs Unifa foto bersama peserta tamu dan undangan, Sabtu (27/1/2024).

Ketua Kelompok sesi 2, Nunung Misran, S.AN dalam pemaparannya mengangkat materi berjudul Transformasi Humas Perguruan Tinggi di Era Disruptif 4.0.

Nunung Misran, S.AN menjelaskan ada 3 peran humas dalam Transformasi Perguruan Tinggi di Era Disruptif 4.0 sekarang ini, pertama humas selaku garda terdepan, kedua membangun ekosistem dan ketiga inovasi komunikasi.

“Garda terdepan adalah peran penting humas sebagai garis depan dari wajah perguruan tinggi. Humas harus membawa optimisme, serta membawa misi besar dari perguruan tinggi, merubah mindset publik tentang perguruan tinggi dan membangun mindset publik bahwa masyarakat membutuhkan perguruan tinggi,” jelasnya.

Lanjutnya, kedua, membangun ekosistem dimana kepedulian publik tentang perguruan tinggi itu tidak sekadar mengatakan perguruan tinggi itu penting. Tapi betul-betul engaged dengan perguruan tinggi dan mendukung program-program yang ada di perguruan tinggi.

“Ketiga, inovasi komunikasi adalah Peran humas jadi lebih luas dan lebih strategis. Keberhasilan inovasi juga ditentukan oleh bagaimana komunikasi dibangun disekitar produk atau keluarannya,” bebernya.

Tidak sekadar itu, Nunung Misran pada pemaparan materinya juga menjelaskan Transformasi Humas dalam Era Revolusi 4.0 terdiri dari 5 aspek antara lain, Kompetensi, Personalisasi konten, Kreatif, Intergritas dan Kolaborasi.

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa pasca Unifa Prodi Magister ilmu Komunikasi sebagai salah satu persyaratan untuk melangkah ke jenjang penyelesaian studi.

Nunung Misran, S.AN selaku pemateri dan juga ketua panitia karya ilmiah mengungkapkan kegiatan ini menjadi salah satu pengalaman mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan sharing ilmu tentang bisnis dan komunikasi diluar kampus.

“Salah satu pencapaian dari indikator kegiatan ini adalah bagaimana mahasiswa memperoleh pengalaman di luar kampus dan sharing tentang bisnis dan komunikasi itu seperti apa,” ungkapnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu alasan untuk bagaimana kita bisa menambah wawasan tentang bagaimana dampak komunikasi itu dalam kehidupan kita sehari hari terkhusus dalam dunia bisnis,” harapnya.

Turut hadir pada seminar Karya Ilmiah tersebut, Ketua Prodi Magister Manajemen FPs Unifa, Dr. Nurmadhani Fitri Suyuti, SE., M.Si, Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi FPs Unifa, Dr. Hj Andi Vita Sukmarini, S.I.Kom.,M.I.Kom, Ketua Prodi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan FPs Unifa, Dr. Eng. Ir Poppy Indrayani,ST.,M.Eng, Dekan Fakultas Pascasarjana Unifa, Dr. Ir. Mujahid, SE.,MM, Kepala Humas Unifa, Abdul Jalil, S.I.Kom.,M.Ikom dan Dosen Pengampu Dr. Muhammad Asdar, M.Si.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + = 22